Anggaran Pilkades Serentak Cilacap Membengkak

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa gelombang ke-2 yang diikuti oleh 48 desa telah berakhir dengan penghitungan suara sah pada Selasa kemarin. Secara umum hasil pantauan Bercahaya FM, Pilkades di 48 desa di 16 kecamatan itu berjalan sesuai harapan. Hanya saja beberapa desa mengklaim terjadinya pembengkakan anggaran.

Dalam Pilkades ini, setiap desa pelaksana mendapat kucuran anggaran dari Pemkab Cilacap sebesar 50 juta. Tetapi dalam pelaksanaannya, anggaran sebesar itu belum mampu mencukupi semua kebutuhan, seperti informasi yang dihimpun dari beberapa desa, Salah satunya Desa Selarang Kecamatan Kesugihan. Panitia Pilkades Selarang bahkan harus menambah pengeluaran dana dari APBDes senilai 30 Juta seperti disampaikan Bendahara penyelengara Pilkades Serentak – Mainah, disela kegiatan pilkades Selarang, Selasa kemarin.

Menurutnya, tambahan dana 30 juta itu untuk mencukupi kebutuhan yang tidak terakomodir bantuan pemkab. Contohnya untuk pembinaan aparatur desa melalui berbagai sosialisasi dan bimbingan teknis. Belum lagi pemenuhan kewajiban pembayaran 10 persen untuk Panwas.

“Kalau dianggaran dari Pemkab kami mendapatkan 50 juta rupiah, tapi ternyata masih kurang dan kami lengkapi menggunakan APBDes sekitar 30 juta rupiah,” ungkapnya.

Meski mengalami pembengkakan anggaran, namun Mainah menilai sebanding dengan suksesnya pelaksanaan Pilkades Selarang. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *