Angin Puting Beliung Mengamuk, Belasan Rumah di Cilacap Alami Kerusakan

Bencana angin puting beliung disusul hujan lebat menyebabkan belasan rumah di Kabupaten Cilacap, mengalami kerusakan.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap – Tri Komara Sidhy mengatakan, puting beliung dilaporkan terjadi pada hari Minggu kemarin, di dua Kecamatan diwilayah perkotaan Kabupaten Cilacap. Yakni di Kecamatan Cilacap Utara dan Kecamatan Cilacap Selatan.

Trikomara merinci di Kelurahan Cilacap Selatan terdapat 11 rumah warga yang terdampak angin puting beliung. Beruntung dalam peristiwa ini tak ada korban jiwa. Namun, diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara itu nasib nahas dari kejadian bencal serupa, juga dialami Sutiman warga jalan Seto RT 004/017, Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara. Yakni akibat dari terjangan angin kencang pohon besar tumbang dan meimpa rumah Sutiman, pada Minggu 08 November 2020.

“Meski tidak menimbulkan korban jiwa, akan tetapi bencal ini menyebabkan dapur rumah korban mengalami kerusakan yang cukup parah. Dari pendataan, kerugian ditaksir mencapai 5 juta rupiah,” imbuhnya.

Disinggung mengenai langkah BPBD Cilacap, Trikomara mengatakan, sejauh ini tim BPBD Cilacap maupun sejumlah relawan telah memindahkan batang pohon yang roboh dengan memotongnya. Kemudian melakukan perbaikan sementara pada bagian rumah yang rusak.

“Dari BPBD Kabupaten Cilacap dalam hal ini turut membantu korban dengan menyerahkan kayu Kaso sebanyak 12 batang, Asbes 4 lembar, Kalsiboard 10 lembar, dan Triplek sebanyak 5 lembar,” kata Trikomara.

Trikomara menambahkan, bantuan permakanan juga disalurkan dari pihak Kecamatan Cilacap Utara, yakni berupa paket sembako. Diantaranya satu dus mie instan, sarden sebanyak 15 kaleng kecil, dan Beras 5 kilogram.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *