Area Fishing Ground Menjauh Nelayan Harus Sadar Resiko

Kondisi lalu lintas pelayaran laut yang meningkat menyebabkan fishing ground atau wilayah tempat ikan saat ini semakin menjauh ke tengah laut. Secara otomatis, aktifitas melaut nelayan semakin lama dan menambah biaya operasional. Disisi lain, cukup banyak nelayan kecil di Cilacap yang menggunakan kapal tradisional atau berkapasitas dibawah 10 gross ton.

Kondisi ini juga mengandung resiko besar untuk keselamatan para nelayan tradisional tersebut. Oleh karenanya diperlukan pelatihan mengenai pemahaman standar keamanan berlayar. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Sujito kepada Bercahaya FM Rabu Pagi.

Pelatihan yang dimaksud adalah Teknik Nautika dan Teknik Mesin yang ditujukan untuk para nelayan kecil. Seperti yang telah dilaksanakan 2 hari sejak Senin lalu di Balai Pertemuan Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan. Kegiatan diikuti 45 peserta dari nelayan dari wilayah PPSC, Sidakaya, Sentolokawat, PPL dan PPB, ditambah lima peserta dari penyuluh perikanan sebagai pendamping. Sujito menjelaskan, pada pelatihan teknik Nautika, nelayan nantinya diharapkan sadar akan keselamatan maupun standar keselamatan kerja.

Sujito menambahkan, untuk pelatihan teknik mesin harapannya nelayan mampu merawat dan melakukan perbaikan mesin secara mandiri. Dengan demikian dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan pendapatan nelayan. (grh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *