Awak Kereta Api Diperiksa

Para awak kereta api, dari masinis, Service on Trains, Kondektur, Tekhnisi, Polsuska hingga Penjaga Pintu Perlintasan dituntut memiliki kondisi kesehatan dan fisik yang bugar. Tuntutan ini untuk menjamin keselamatan selama perjalanan kereta api. Sebab kondisi kesehatan para awal kereta api ini menjadi faktor penting untuk keselamatan masyarakat yang menggunakan jasa transportasi kereta api.

Setidaknya ada 650 orang pekerja dibawah naungan PT.KAI Daop 5 Purwokerto pada Selasa siang 14 Agutus menjalani pemeriksaan kesehatan dan kebugaran disejumlah tempat. Antara lain di Klinik Mediska Purwokerto, Pos Kesehatan KA Kutoarjo dan Kroya.

Manager Humas PT.KAI DAOP 5 Purwokerto – Suprianto menerangkan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen PT. Kereta Api Indonesia untuk menjamin serta meningkatkan keselamatan perjalanan KA. Pemeriksaan meliputi Mata, lingkar perut, tinggi dan berat badan, serta tes buta warna. Hal ini dikarenakan peran para pekerja yang diklaim sangat vital dan harus bisa membedakan warna semboyan di kereta saat melintas.

Selain itu, untuk pemeriksaan juga untuk mengetahui kondisi body mass indek dan lingkar perut. Pemeriksaan ini berguna untuk membantu menjaga dan mengendalikan agar kondisi crew awak sarana KA dan PJL tetap sehat serta bugar.

Supriyanto menambahkan, dengan pemeriksaan kebugaran terhadap awak sarana Perkeretaapian serta PJL ini maka diharapkan kualitas pelayanan kereta api akan berjalan semakin optimal. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *