Baksos PWP Pertamina RU IV Cilacap Kembali Salurkan Bantuan Pendidikan

Cilacap – Menutup tahun anggaran 2020, bidang pendidikan. Organisasi istri-istri pekerja Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang tergabung dalam wadah Persatuan Wanita Patra (PWP), menberikan bantuan pendidikan yang diperuntukkan bagi SD Patra Mandiri. Menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19, serah terima ini berlangsung di Pos Security Komplek Perumahan Pertamina (Komperta) Gunung Simping, Rabu (30/12/2020).

Sekolah Dasar yang ada di lingkungan Pertamina RU IV ini sebelumnya dikenal dengan nama SD Pertamina ataupun SD YKPP yang berdiri sejak tahun 1975, merupakan fasilitas pendidikan yang dikhususkan untuk keluarga pekerja. Seiring dengan bergulirnya waktu dan kebijakan perusahaan sejak tahun 2004, SD Patra Mandiri bernaung di bawah payung Yayasan Patra Mandiri Cilacap dan dibuka untuk umum.

Bantuan senilai Rp 7,5 juta diserahkan Ketua PWP Cilacap, Ny. Ezy Apriyanti Joko Pranoto yang diterima Kepala Sekolah SD Patra Mandiri, Sri Mulyaningsih. Menurut Ezy, ini adalah program rutin PWP bidang pendidikan sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan untuk sekolah, madrasah, maupun pondok pesantren tingkat SD hingga SMP yang ada di Kabupaten Cilacap. “Prioritasnya untuk lingkungan terdekat Pertamina, dan memang sudah masuk dalam rencana kerja kami, ” ujarnya.

Adapun tujuannya untuk meringankan beban pembiayaan SPP anak-anak kurang mampu. Lanjut Ezy, PWP berupaya untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam rangka gerakan penanggulangan kemiskinan khususnya pada bidang pendidikan. Maka, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberian beasiswa bagi siswa dari keluarga kurang mampu.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Cilacap Tahun 2005-2025. “Kami turut berpartisipasi mendukung program pemerintah agar siswa dapat melanjutkan pendidikan mereka sampai minimal tamat sekolah menengah, jangan sampai mereka putus sekolah,” imbuhnya.

Usai menerima bantuan Sri Mulyningsih menyatakan ungkapan terima kasihnya dan mengatakan, bantuan akan segera diteruskan kepada siswa penerima. ‘Secara pribadi saya salut kepada PWP, yang telah berperan mendukung Program Indonesia Pintar (PIP), ” ujarnya. Lanjut Sri, pencapaian tujuan tersebut memang diperlukan langkah langkah proaktif lembaga dan institusi secara terkoordinasi dan terintegrasi, seperti PWP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *