Edukasi Generasi Milenial, Basarnas Cilacap Gelar SAR Goes to School

CILACAP – Wilayah Kabupaten Cilacap dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi kebencanaan cukup tinggi, dan hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi sejumlah pihak. Salah satunya Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap yang  menggelar kegiatan SAR Goes to School atau SGTS, di SMA Negeri 1 Kampung Laut, pada Jumat  (4/6/2021).

Turut hadir dalam acara pembukaan tamu undangan dari Camat Kampung laut, Kepala Sekolah SMA N 1 Kampung Laut, Kepala Puskesmas, Kepala Desa, Komandan Pos AL, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Ketua SAR Kampung Laut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap – I Nyoman Sidakarya menyebutkan, ada sebanyak 70 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, dengan rincian 50 orang siswa maupun siswi serta  20 Guru pendamping di SMA N 1 Kampung laut.

Terkait materi yang diberikan, dia mengungkapkan, Basarnas Cilacap kali ini fokus pada upaya peningkatan pemahaman edukasi mitigasi kebencanaan serta pertolongan pertama diwilayah perairan atau water rescue dasar. Selain itu, peserta juga diberikan informasi mengenai tugas dan fungsi Basarnas khususnya di wilayah Kecamatan Kampung laut.

Selanjutnya, materi yang diberikan yakni Pengenalan perahu karet dan motor tempel, teknik pertolongan, pengenalan teknik Defens and Release, pengenalan teknik penanganan pendarahan, pengenalan teknik penanganan patah tulang.

Dipilihnya generasi milenia dalam program edukasi ini, lanjut I Nyoman Sidakarya, bukan tanpa alasan. Namun demikian, seluruh siswa siswi yang terlibat diharapkan nantinya mampu menjadi pionir dalam hal pertolongan serta keselamatan di wilayah perairan.

“Selain Operasi SAR salah satu tugas Kantor Basarnas Cilacap di bawah Direktorat Bina Potensi Basarnas Pusat ini adalah melaksanakan sosialisasi tentang pencarian dan pertolongan kepada masyarakat, termasuk kepada anak-anak, sejak usia dini ini melaksanakan Program SAR Goes to School ke setiap sekolah yang rawan terjadinya musibah. Dengan kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan diri khususnya kepada siswa-siswa sekolah,” ungkap Nyoman.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA N 1 Kampung Laut – Sukoya mengatakan, kegiatan SAR Goes To Scholl ini dinilai sangat positif. Sebab menurutnya dapat menambah pengetahuan tentang SAR sejak usia dini kepada generasi milenial.

“Kami juga akan selalu berkoordiansi dengan Basarnas Cilacap apabila ada masyarakat atau siswa yang membutuhkan jasa di bidang SAR,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *