BAZNAS Jawa Tengah Gelar Pelatihan Mustahiq Produktif

CILACAP – BAZNAS Jawa Tengah melalui BAZNAS Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan pelatihan Mustahiq Produktif untuk pengrajin Bambu, yang merupakan Desa Dampingan Biro Kesra Propinsi Jawa Tengah.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yakni pada Senin – Selasa (6-7/12/21) bertempat di BLK Cilacap, yang diikuti oleh 50 peserta dari pengrajin bambu di Desa Karangtengah Kecamatan Sampang.

Kegiatan pelatihan di hadiri oleh Ketua BAZNAS Jawa Tengah KH. Ahmad Daroji dan Wakil Ketua BAZNAS Propinsi,  Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pak Dian Setiabudi, Wakil Ketua 1 BAZNAS Kab Cilacap H. Muchsin, Kabag Kesra Oktriviyanto Subekti dan Kades Karangtengah.

Dalam kesempatan tersebut, Dian Setiabudi menyampaikan terimakasih pada BAZNAS Jawa Tengah, atas kegiatan ini, bahwa Cilacap bahkan sudah ekspor kerajinan bambu.

Ketua BAZNAS Jateng Kyai H. Ahmad Daroji, sangat mengharapkan kegiatan seperti ini terus dikembangkan, sehingga akan menambah kesejahteraan warga. “Pelatihan serupa untuk mustiahiq produktif seperti ini adalah untuk memaksimalkan manfaat ZIS pada proses penanggulangan kemiskinan, khususnya di desa Dampingan Biro Kesra Pemda Jateng, Desa Karangtengah Sampang, sehingga peserta kelak bisa memanfaatkan waktu secara maksimal menambah ilmu,” jelasnya.

Ketua pelaksana Rajimin menyampaikan bahwa para peserta diberikan materi praktek dan teori tentang pembuatan berbagai kerajinan bambu yang akan dibutuhkan oleh warga masyarakat, dan dilatih oleh ahli yangg sudah teruji, dan berprestasi. “Karena peserta sudah punya modal kemampuan diatas rata rata, pelatih hanya memperhalus dan menambah ilmu inovasi dalam out put kerajinan bambunya,” katanya.

Dalam penutupan Ketua BAZNAS Kabupaten Cilacap yang diwakili Wakil Ketua 2, Hamidan, menyampaikan terimakasih pada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, semoga kelak bisa dimanfaatkan. 

Penutupan pelatihan dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jateng Sakinah,  Sekretaris BAZNAS Propinsi Jateng Pak KH Ahyani, dan Wakil Ketua 2  BAZNAS Cilacap H. Hamidan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jateng, mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Di harapkan bisa terus bersinergi antara Dinas Balai Latihan Kerja lainya dengan BAZNAS. Sehingga bisa membuka peluang potensi ekonomi kreatif di masa yg akan datang.

Sekretaris BAZNAS Propinsi Jawa Tengah H. Ahyani, mengharapkan semua peserta yang telah mendapat ilmu dari pelatihan secara inovatif dapat mengembangkan karya, dan kerjasama dengan semua pihak dalam pemasaran nya. (tan/bercahayafm)