BPJS Kesehatan Cilacap Support Pelayanan dengan Pandawa

Upaya memaksimalkan pelayanan terus dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Cilacap. Salah satunya dengan layanan mobile bernama Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp).

Layanan ini bertujuan untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ingin mengurus administrasi di kantor, tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Cilacap.

Dalam dialog Bercahaya yang dilaksanakan di LPPL Radio Bercahaya FM Cilacap, Kamis pagi,  plh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cilacap РNi Ketut Sri Budiani, SKM, MH, AAK mengatakan, program Pandawa diluncurkan untuk memberi kenyamanan kepada peserta BPJS Kesehatan. Terlebih di masa pandemi seperti ini masyarakat dinilai akan lebih terbantu dengan program tersebut.

“Dengan keunggulan dan manfaat yang ditawarkan, diantaranya tidak melakukan kontak fisik secara langsung dalam mengikuti pelayanan BPJS Kesehatan. Sebab dengan layanan ini, masyarakat dapat lebih nyaman mendapatkan layanan cukup melalui WhatsApp,” ungkapnya.

Guna mendapatkan layanan, masyarakat cukup mengirim pesan ke admin di BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto yaitu 08112921001. Untuk melanjutkan layanan, pengguna layanan hanya tinggal mengisi format. Diantaranya,

[NamaPelapor-NamaPeserta-No.Kartu/No. KTP-No. HpPeserta-JenisKodeLayanan-Kabupaten]

Layanan Pandawa ini, lanjut Ni Ketut Sri Budiani, dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai jam 3 sore. Yakni cukup chatt ke nomor whatsapp yang sudah disediakan kemudian peserta dihubungi dan dilayani sesuai kebutuhan administrasinya,

“Program layanan Pandawa juga dapat melayani perubahan data seperti penambahan anggota keluarga serta pendaftaran bayi baru lahir,” kata Ni Ketut.

Tidak hanya itu, melalui program tersebut, peserta juga bisa mengubah jenis kepesertaan, perubahan data identitas seperti nomor induk kependudukan (NIK), nama, tempat tanggal lahir, termasuk perubahan data golongan, dan pangkat serta gaji.

Peserta JKN-KIS juga bisa mengubah fasilitas kesehatan (Faskes) peserta, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, termasuk pengaktifan peserta pensiunan, serta anak yang masih kuliah.

Ni Ketut Sri Budiani menambahkan, berbagai fasilitas pelayanan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu keluar rumah untuk bisa mendapatkan layanan di BPJS Kesehatan.

“Sedangkan untuk layanan administrasi, pemberian informasi dan penanganan pengaduan, juga dapat dilayani melalui kanal layanan lain. Seperti aplikasi mobile JKN dan BPJS Kesehatan care center 1500 400. Serta layanan Chika di nomor WhatsApp atau Telegram 08118750400 khusus pelayanan infomasi,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *