Bupati Terapkan Kebijakan Anak Masuk SMP Bisa Baca Al Qur’an

Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji bakal menerapkan kebijakan, untuk semua anak yang masuk SMP harus sudah bisa membaca Al Qur’an. Kebijakan ini diterapkan untuk anak-anak dari kalangan dengan latar belakangan keyakinan Agama Islam. Sedangkan untuk anak yang masuk SD diharapkan minimal sudah mengenal Al Qur’an atau mengenal huruf Arab.

Pernyataan Bupati Tato disampaikan kepada media usai Acara Sunatan Massal yang menjadi rangkaian Peringatan HUT Cilacap ke-162 di Pertamina Hospital pada Sabtu pagi. Menurut dia, sekarang ini pihaknya sedang mempersiapkan perangkat aturan yang akan memayungi kebijakan tersebut, seperti Perbub – Peratuan Bupati atau aturan lainnya. Ditargetkan pada 2019 mendatang kebijakan ini sudah bisa diterapkan.

Tato berharap, agar kebijakan anak masuk SMP sudah bisa membaca Al Qur,an akan melandasi mental agamis anak dalam proyeksi smart next generation. Aturan ini dibuat untuk diberlakukan secara general. Artinya, tidak memandang sekolah negeri maupun swasta, yang terpenting adalah Umat Islam.

Bupati menerangkan, sebenarnya penerapan kebijakan tersebut sudah lama direncanakan. Hanya saja masih mempertimbangan banyak hal sehingga tertunda. Tetapi ia berjanji akan merealisasikannya mulai tahun ajaran 2019/2020 mendatang.(Arin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *