Cilacap Berambisi Raih Adipura Kencana

Dua kali secara berturut-turut mendapatkan Penghargaan Adipura membuat jajaran Pemkab Cilacap kian termotivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi berupa Adipura Kencana, seperti disampaikan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap – Dian Setyabudi. Dibutuhkan satu kali piala lagi pada tahun 2019 ini, agar harapan tersebut dapat terwujud.

Dian menambahkan, penghargaan Adipura juga mengindikasikan semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan yang menjadi kebutuhan bersama.

“Dengan menerima adipura tahun 2018, diharapkan kedepanya mampu dipertahankan dan menambah kembali pundi – pundi penghargaan tersebut pada tahun 2019 sampai 2021, sehingga kita mampu mendapatkan penghargaan Adipura Kencana,” ungkapnya.

Adipura merupakan sebuah penghargaan dari pemerintah melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang diberikan kepada kabupaten atau kota karena keberhasilannya mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan. Program Adipura dimulai sejak tahun 1986, namun sempat terhenti pada tahun 1998, dan dicanangkan kembali pada tahun 2002.

Program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup. Penghargaan yang lebih tinggi yakni Adipura Kencana yang secara khusus akan diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai telah memenuhi syarat. Diantaranyanya, minimal sudah tiga kali berturut-turut menerima Penghargaan Adipura. (dy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *