Cilacap Masih Miskin Desa Wisata


Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Cilacap masih berjalan lamban, bahkan Cilacap dikategorikan miskin Desa Wisata, Indikatornya adalah jumlah Desa Wisata yang sampai sekarang baru ada enam desa yang telah memiliki SK Bupati. Masing-masing Desa Karangbanar Jetis, Wagir Indah Welahan wetan Adipala, Samudra Mandiri Widarapayung, Cimandawai Indah Dayeluhur, Curug Gelis Cipari dan Genta Wisata Kroya. Padahal daerah lain seperti Banyumas, jumlah Desa Wisatanya sudah ada ratusan. Jika tidak digarap serius, maka Cilacap semakin terjepit dalam persaingan desitnasi wisata. Demikian disampaikan Kadisporapar Cilacap – Heru Harjanto pada pres confrence Kamis Siang tadi.

Selain menjadi sumber pendapatan asli daerah, Desa Wisata katanya dapat mensejahterakan dan mengangkat perekonomian rakyat. Tak terkecuali Desa Karangbanar yang katanya di tahun ini mendapatkan bantuan senilai 100 juta dari pemerintah.

Oleh karenanya Disporapar Cilacap berencana kembali mendorong desa potensial untuk dijadikan Desa Wisata. Pihaknya akan kembali memetakan potensi di setiap desa, untuk selanjutnya segera memenuhi persyaratan untuk mendapatkan SK Bupati. Salah satunya adalah Kampung Pendekar di Desa Sidaurip Kecamatan Binangun.

“Program pengembangan Desa Wisata diharapkan dapat menjadi pemikiran seluruh pihak. Dalam hal ini dibutuhkan peran serta masyarakat berikut elemen terkait lintas sektoral. Sehingga Kabupaten Cilacap tidak tegerus dalam persaingan dunia pariwisata,” pungkasnya. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *