Cilacap Rawan Penyebaran Virus Rabies

Letak Geografis Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Barat, diklaim rawan penyebaran virus Rabies. Pasalnya sampai saat ini wilayah Jabar dituding masih belum bebas virus Rabies.

Kendati di Cilacap belum ditemukan kasus penyebaran maupun korban akibat gigitan hewan pembawa rabies – HPR, Dinas Peternakan Cilacap mulai melakukan sejumlah pencegahan penyebaran virus tersebut. Salah satunya melalui Vaksinasi Rabies bersubsidi ke sejumlah hewan seperti kucing dan anjing, di kelurahan Sidakaya, Senin (18/02/19).

Paramedik veteriner Puskeswan pada Dinas Peternakan Cilacap, Widodo Budi Prasetyo mengatakan, Vaksinasi gratis tersebut bakal dilakukan rutin setiap tahun dibeberapa wilayah Cilacap. Sementara pada tahap pertama tahun ini, Dinas terkait telah menyediakan vaksin Anti rabies untuk 40 ekor kucing dan anjing.

“Kami lakukan ini setiap tahun, khusus wilayah kota saat ini kami membawa vaksin Anti rabies dengan dosis untuk 40 ekor hewan anjing dan kucing,”ujarnya.

Widodo menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh para pecinta hewan anjing dan kucing. Sehingga dapat menekan maupun mencegah penyebaran Virus Rabies di Kabupaten Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *