Cilacap Zona Merah, BNNK Gandeng Ormas Perangi Narkoba

Maraknya kasus penyalah gunaan Narkoba di Cilacap semakin memperihatinkan, peredaran Narkoba tidak hanya menyasar usia produktif. Namun juga merambah pada usia muda sebagai korbanya. Diberbagai wilayah di Cilacap diklaim telah masuk dalam kategori zona Merah Narkoba. Wilayahnya yakni antara lain Cilacap Kota, Distrik Majenang, Sidareja, Binangun, Nusawungu, dan Adipala. Hal tersebut menjadi perhatian khusus Badan Narkotika Nasional – BNN Kabupaten Cilacap dalam melakukan pencegahan maupun memberantas peredaran Narkoba.

Melalui Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat, BNNK Cilacap menggandeng 20 pengurus anggota Satkorcab Banser dan GP Ansor Cilacap. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka membentuk Penggiat anti Narkoba di Lingkungan masyarakat yang mampu memberikan sosialisasi pada masyarakat di lingkungan sekitarnya. Demikian disampaikan Kepala BNN Kabupaten Cilacap, Triatmo Hamardiono, pada Bimtek Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat, di Ruang Widarapayung Hotel Mutiara Cilacap, Kamis (09/08) pagi.

Sementara menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Cilacap, Parwito menjelaskan, pencegahan penyalah gunaan Narkoba memerlukan sinergitas lintas sektoral. Sehingga kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadikan para peserta lebih memahami persoalan narkoba di Indonesia dan menyadari bahwa persoalan narkoba merupakan tanggung jawab bersama.

“Teknik yang kami latih ada berbagai cara, untuk bekal penyuluhan kami berikan materi public Speaking, bahaya narkoba, maupun tindakan hukum. Terakhir nantinya pada sesi penutupan kegiatan setiap peserta akan kami berikan pin dan sertifikat oleh kepala BNNK CIlacap,” ungkap Parwito.

Pihaknya menambahkan, para peserta yang mengikuti kegiatan ini nantinya juga diharapkan menjadi Penggiat Anti Narkoba di lingkungan masing-masing yang mampu memberikan Sosialisasi pada masyarakat, memfasilitasi Warga yang membutuhkan rehabilitasi, serta melaporkan kepada pihak berwajib apabila ada indikasi peredaran gelap Narkoba di lingkungannya. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *