Daop V Purwokerto Kembali Jalin Sinergitas Dengan Pemkab Cilacap

CILACAP – Sejumlah upaya dilakukan KAI untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi serta menjalin sinergitas dengan para kepala daerah. Salah satunya pemerintah kabupaten – Pemkab Cilacap yang kali ini turut menjadi sasaran kunjungan dari KAI. Kunjungan KAI ini  diterima secara langsung oleh Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji  serta Kepala Dinas Perhubungan Cilacap – Tulus Wibowo, di Ruang kerja Bupati Cilacap pada Rabu 15 September 2021.

Acara tersebut turut dihadiri Vice President 5 – Joko Widagdo bersama Senior Manager Pengamanan (SM PAM) Daop 5 Purwokerto – Kombes R. Jhonny Djumhana, dan Manager Humas – Ayep Hanapi.

Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji menyambut baik kehadiran Vice President 5 beserta rombongan. Dalam kesempatannya Bupati berharap agar berbagai program PT KAI nantinya dapat terus bersinergi dengan Pemkab Cilacap. Yakni salah satunya Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan  – TJSL BUMN atau yang dikenal dengan CSR dari KAI khususnya Daop 5 juga merambah wilayah Kabupaten Cilacap. Hal ini menurut Bupati dapat diwujudkan dengan menghadirkan Ruang Terbuka Hijau atau RTH dilingkungan Stasiun.

“Kami juga ada rencana mau ekspor ada gula dan lainya. Itu kalo bisa juga menggunakan kereta api dalam proses pemuatan atau pengirimannya,” tambah Bupati.

Sementara itu Vice President 5 – Joko Widagdo menyampaikan, bahwa Daop V Purwokerto siap untuk bersinergi dan berkontribusi terhadap wilayah kerjannya. Sedangkan kerjasama lainnya adalah dengan turut serta menggandeng perusahaan yang di Cilacap. Yakni meningkatkan layanan muatan barang seperti Semen, BBM, pupuk, bahkan hingga batu bara.

“Harapannya kita meningkat dan terus bekerjasama dengan Semen Indonesia Group Karangtalun, kemudian di Maos untuk BBM. Nanti kita usahakan lainnya seperti dengan pupuk, mungkin batu bara juga yang sementara kontribusi kita masih 15 persen. Amanah pemerintah juga demikian, sehingga kita juga selalu mendekatkan diri kepada Pemkab Cilacap,” ungkap Joko.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Cilacap Tulus Wibowo mengatakan, wacana yang digulirkan oleh Daop V Purwokerto merupakan hal yang baik. Yakni terutama dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam bidang transportasi.

“Secara prinsip wacana yang digulirkan DAOP V Purwokerto ini, pak Bupati akan selalu ikut membackup bersama. Nanti kalau barang jadi, ada bisa juga berbagai komoditi diangkut seperti Gula dari PT DUS, Kedelai, atau lainnya,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *