Diberlakukan Retribusi Parkir Akses Jalan Menuju RSUD dan Dinkes

Akses menuju RSUD dan Dinas Kesehatan Cilacap, baik dari jalan dokter Sutomo maupun Gatot Subroto saat ini tidak lagi diperuntukan untuk umum. Menyusul diberlakukannya hasil dari rapat Dinas Perhubungan bersama RSUD Cilacap dalam menindaklanjuti kunjungan kerja Bupati beserta Sekda Cilacap yang menghendaki akses tersebut ditutup untuk umum. Sehingga mulai per satu Oktober 2019, pengguna kendaraan bermotor dengan kepentingan menuju RSUD dan Dinkes  dikenakan retribusi parkir sebesar 2 ribu rupiah.

Kendati katanya sudah disosialisasikan, masih ada masyarakat yang belum mengetahui penerapan parkir tersebut. Oleh karenanya tak sedikit masyarakat yang menanyakan kepada para petugas palang parkir setempat. Terlebih dalam hari pertama diterapkan muncul sejumlah keraguan mengenai legalitas petugas yang diketahui tidak mengenakan tanda pengenal maupun seragam identitas parkir.

Menanggapi hal tersebut, Kadishub Cilacap, Tulus Wibowo membenarkan adanya penerapan bea parkir akses masuk menuju RSUD dan Dinkes merupakan langkah mengembalikan fungsi semula sesuai ketentuan dari hasil rapat bersama pihak RSUD Cilacap mengenai kawasan pengembangan RSUD Cilacap. Terkait adanya keluhan masyarakat yang menanyakan legalitas petugas, nantinya akan ada teguran kepada yang bersangkutan maupun pihak ketiga pengelola parkir. Sebab  petugas parkir dinilai dalam bekerja dituntut untuk mengenakan seragam  maupun identitas resmi. Hal tersebut katanya untuk membedakan status legalitas petugas parkir dengan parkir liar.

“Nanti kami tindaklanjuti melalui evaluasi bersama pihak terkait dengan bentuk teguran,” tegas Tulus.

Sementara itu Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Fajar Eko Setiawan mengatakan, jumlah pendapatan retribusi parkir Kabupaten Cilacap saat ini meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya.

“Untuk saat ini sudah mencapai sekitar 2 Milyar dari jumlah target keseluruhan 3 Milyar rupiah, meliputi parkir di tempat khusus dan pinggir jalan,”jelas Fajar.

Fajar optimis target retribusi parkir di Kabupaten Cilacap pada tahun ini dapat tercapai. (Guruh)

Berikut ketentuan retribusi parkir yang berlaku berdasarkan jenis kendaraan di Kabupaten Cilacap :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *