Diduga ODGJ, Seorang Pria Membakar Kursi Sofa Hingga Alami Kerugian 100 Juta Rupiah

CILACAP – Diduga memiliki riwayat gangguan jiwa, seorang pria membakar sofa di rumahnya sendiri menggunakan putung rokok hingga mengakibatkan kebakaran. Kejadian tersebut terjadi pada Senin dini hari (01/11/21) sekitar jam 00.30 WIB.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Supriyadi mengatakan, rumah tersebut ialah milik Sugeng (60) warga Jl. Jendral sudirman RT 02/RW 05 Desa Danasri, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Kejadian bermula ketika Sugeng sedang berada di ruang tamu depan dan membakar sofa yang terbuat dari busa menggunakan rokoknya hingga nyala api sulit untuk di padamkan.

“Diakui istrinya Siti halimah (58), bahwa suaminya Sugeng memang sudah pikun juga memiliki riwayat gangguan jiwa dan sering memiliki perbuatan aneh yakni sering membakar sampah di dalam rumah. Dan Sugeng juga telah mengakui telah membakar kursi sofa yang terbuat dari busa menggunakan rokok hingga menyala sampai api membesar dan sulit di padamkan yang akhirnya menyebabkan terjadinya kebakaran tersebut,” jelas Supriyadi.

Melihat kejadian tersebut, warga ikut membantu mengevakuasi korban dari dalam rumah, serta menyelamatkan barang-barang milik korban. Warga juga menghubungi Kepala Dusun dan Damkar Pos Kroya serta Polsek Nusawungu.

“Time respon 7 menit, kami langsung ke lokasi dan api bisa dipadamkan selama 3 jam dan dapat bantuan dari Damkar Pos kemranjen,” katanya.

Pemadaman melibatkan 8 personil dari UPT Damkar kroya dan di bantu dengan Damkar Pos Kemranjen Kabupaten Banyumas. Beruntung kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun bangunan dengan ukuran 9×20 meter tersebut ludes terbakar beserta barang elektronik dan perabotan di dalamnya, dengan total kerugian mencapai Rp 100 juta.

(Berita/Intan/BercahayaFm)