Digagas Produksi Jamu Sehat Cilacap Sebagai Destinasi Wisata

Jamu produk lokal diberbagai daerah di Jawa tengah diancangkan bakal menjadi salah satu destinasi wisata. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa tengah – Sinoeng N Rachmadi mengatakan, bentuk destinasi wisata jamu bisa beraneka ragam. Salah satunya melalui pagelaran festival jamu dan kuliner seperti yang dilaksanakan di Cilacap sejak Jum’at malam kemarin hingga hari Minggu besok. Nantinya kata dia, industri jamu yang sudah berstandar baik akan didorong menjadi salah satu wahana wisata edukasi Centra Jamu.

Saat ini sejumlah daerah telah masuk dalam pemetaan Disporapar Jateng. Seperti di Semarang yang sudah memiliki kelurahan jamu dengan didukung warganya yang mayoritas memproduksi jamu. Sementara untuk Cilacap yang diketahui banyak daerah  centra jamu sejauh ini masih belum terlokalisir.

Olehkarenanya diharapkan Pemerintah Kabupaten Cilacap mampu berperan aktif dalam pemetaan centra jamu diwilayahnya dan menyambut peluang yang ada dalam mewujudkan destinasi wisata baru berupa Wisata Edukasi Centra Jamu Lokalan. Untuk pengembangannya, Pemerintah Provinsi Jateng menyatakan siap memberikan dukungannya.

“Ini menarik untuk dijadikan sebuah segmen destinasi wisata. Kalau Cilacap itu hampir semuanya, namun belum terlokalisir. Nah nanti jika digagas destinasi harus dilokalisir dan mudah – mudahan ada sambutan yang menarik dari pemerintah Kabupaten dan nanti pemerintah Provinsi akan suport,” ungkap Sinoeng.

Sinoeng menambahkan, wisata Centra Jamu nantinya diharapkan mampu memberikan manfaat tersendiri  untuk Pemkab maupun para pelaku usaha jamu lokalan. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *