Digarap Serius Potensi Pariwisata Dayeuhluhur

Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap, Heroe Harjanto (kiri) bersama Camat Dayeuhluhur Hari Winarno (kanan) mengenalkan produk Kopi Bolang di Bukit Kompos, Desa Bolang, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

Ditengah menggeliatnya industri pariwisata yang dibarengi dengan tren gaya hidup untuk berwisata membuat berbagai daerah berlomba menggali potensi wisata. Kecamatan Dayeuhluhur contohnya yang belakangan menangkap peluang industri pariwisata ini dengan memanfaatkan berbagai potensi alam ditiap desa.

Camat Dayeuhluhur – Hari Winarno menyampaikan diantaranya potensi wisata alam yang sekarang sedang digali oleh Desa Datar, Desa Cilumping, Desa Panulisan Barat dan Desa Matenggeng serta Desa Bolang. Ia menyebut, Desa Datar memiliki potensi wisata Curug Cimandawai yang sudah lebih dulu menjadi obyek wisata. Berikutnya ada Curug Kembar dan Goa Basma di Desa Cilumping. Ada lagi Desa Bolang yang memiliki potensi berupa dataran tinggi dengan menawarkan pemandangan keindahan alam. Sedangkan Bukit Kompos di Desa Bolang bernilai sejarah dengan kekayaan lahan kopi robusta ditambah adanya berbagai budaya lokal yang dapat menjadi komoditas wisata.

Potensi tersebut kini mulai digarap serius oleh pemerintah desa masing-masing dengan dukungan pihak kecamatan. Diantaranya melalui pengembangan BUMDes yang bersinergi dengan Dinas Pariwisata, perguruan tinggi di Cilacap maupun dari luar daerah seperti universitas IPB dan Siliwangi.

“Progres pengembangan potensi Desa Bolang saat ini cukup baik, bahkan nantinya ditempat tersebut bakal digagas pembangunan pusat edukasi dan kelas riset, laboratorium pertanian dan tak terkecuali sejumlah sarana penunjang pertanian maupun pariwisata. Seperti pipanisasi air, kolam renang, dan penampungan irigasi terintegrasi,” ungkap Hari Winarno.

Hari Winarno mengaku optimistis, potensi industri wisata di Dayeuhluhur dapat berkembang dan wilayahnya menjadi destinasi wisatawan.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata atau Disporapar Kabupaten Cilacap –¬†Heroe Harjanto¬†mengatakan, banyaknya potensi wisata yang dapat dikembangkan di Cilacap, nantinya diharapkan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah atau PAD Cilacap khususnya sektor pariwisata.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *