Dinas P dan K : Peran Kantin dan Koperasi Sekolah Harus Ditingkatkan

Pasca meninggalnya seorang siswi SD Sidakaya Bandengan yang diduga mengkonsumsi jajanan tidak sehat, sejumlah kalangan mulai gencar melakukan pembenahan. Tak terkecuali pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, yang berupaya menggenjot kembali peran Koperasi maupun kantin sekolah.

Kepala Dinas P dan K Cilacap – Warsono mengatakan, dengan pemberdayaan potensi koperasi maupun kantin sehat di sekolah, nantinya diharapkan mampu menjamin kesehatan para murid dan mampu mencegah terjadinya keracunan makanan.

“Koperasi maupun kantin sekolah selama ini sudah berjalan dan akan kembali kita dorong agar lebih optimal kedepanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, selain melakukan program pemberdayaan, Kepala sekolah juga dituntut mampu mewaspadai dan memastikan identitas para penjajak panganan di lingkungan pendidikan khususnya sekolahan.

“Saya sudah minta kepala sekolah untuk mewaspadai lingkungan disekitarnya. Yaitu harus mampu mengindentifikasi identitas pelaku usahanya,dan bagi penjajak panganan juga saya harapkan mereka perlu memperhatikan kualitas produk dagangnya terutama dari segi kesehatannya,” ujarnya.

Warsono menambahkan, sesuai perannya, Dinas P dan K akan melakukan pemantauan secara rutin, mulai dari kordinator maupun pengawasan disektor pendidikan. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *