Dipastikan TKA di Cilacap sudah sesuai aturan

Keberadaan Tenaga Kerja Asing atau TKA disejumlah perusahaan di Kabupaten Cilacap dipastikan telah sesuai aturan. Yakni telah berijin dan memenuhi kualifikasi standar ketenagakerjaan baik skill maupun posisi kerjanya.

Kepala Disnakerin Cilacap, Kosasih mengatakan, berdasarkan sejumlah hasil sidak yang telah dilakukan pihak kementerian, Kanwil, sampai Kemenkumham dan lainya tidak ditemui adanya pelanggaran dokumen para TKA di Cilacap. Sementara terkait isu TKA yang diketahui menjadi kuli di PLTU, ia menilai isu tersebut merupakan kabar hoax. Pasalnya TKA di Cilacap yang ada saat ini dinilai sudah memenuhi standar regulasi yang ada, khususnya dalam posisi kerja. Yakni menempatkan mereka bukan pada posisi kuli melainkan tenaga ahli.

Lebih lanjut, jumlah tenaga kerja asing di Cilacap sampai saat ini mencapai sekitar 460 orang dengan sebaranya di belasan perusahaan.

“TKA di Cilacap tidak ada masalah sampai saat ini, kalau isu TKA di PLTU jadi kuli itu tidak ada, dan saya pastikan kabar itu hoax. Karena sesuai ketentuannya mereka hanya diposisikan sebagai tenaga ahli,”jelasnya.

Kosasih berharap, peringatan mayday tahun ini dapat dijadikan momentum kebangkitan seluruh buruh di Cilacap. Tentunya dengan mengedepankan kebijakan dan peraturan maupun Undang Undang yang berlaku di Indonesia. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *