Direncanakan Program Pasar Tani

Kepala Dinas Pertanian Cilacap – Supriyanto yang belum lama dilantik, langsung membuat gebrakan. Sebuah program Pasar Tani bakal direalisasikan dalam dua pekan kedepan disejumlah wilayah Cilacap. Sebuah pasar yang khusus mengakomodir hasil pertanian dari para petani tanpa campur tangan dari APBD. Dalam program ini, petani akan langsung bertransaksi dengan para calon pembelinya.

Selanjutnya, dari sisi ketahanan pangan, pihaknya mematok target produksi gabah hingga diatas 700 ribu ton. Target ini untuk menjaga stok dan lumbung padi di Kabupaten Cilacap serta Jawa tengah selatan. Sebab menurutnya, komoditi beras menjadi penyumbang inflasi tertinggi pada tahun 2018 lalu. Oleh karenanya, berbagai terobosan bakal ditempuh untuk mengatasi persoalan ini.

“Harus ada cara inovatif untuk mengurai sebuah persoalan, seperti yang sekarang ini menjadi PR kami di Dinas Pertanian terkait Surplus Beras namun masih menjadi penyumbang inflasi terbesar, kami berupaya mengelola kembali dari tahapan terbawah yaitu dari para petani yang kami bakal libatkan dalam program pasar tani,” jelasnya.

Supriyanto berharap, Program Pasar Tani mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat Cilacap khususnya para petani lokal. (guruh)

gambar ilustrasi pasar tani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *