Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri Kunjungi Pertashop Desa Planjan Kesugihan

CILACAP – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintah Desa Kemendagri Yusharto Huntoyungo melakukan kunjungan ke Pertashop yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Nogrohu Sejahtera di Desa Planjan Kecamatan Kesugihan, Rabu (15/12/21).

Kunjungan tersebut turut didampingi oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Executive General Manager PT Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah Putut Andrianto, Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho, dan Ketua Bumdes Daryono.

Dengan penjualan rata-rata 2.300 liter perhari, Pertashop Desa Planjan bisa menjadi model dalam pengelolaan Pertashop di Indonesia.

“Mudah-mudahan ini menjadi model untuk pengembangan Pertashop kedepan dan akan lebih banyak kolaborasi yang menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi bagi pemerintah desa. Diantaranya dikolaborasikan dengan penjualan produk yang berasal dari migas, dengan adanya pelumas dan mungkin saja pemberian jasa untuk perbaikan ringan motor dan sebagainya dengan memanfaatkan tenaga-tenaga lulusan SMK yang ada di Kecamatan Kesugihan khususnya Desa Planjan,” tambah Dirjen.

Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Cilacap dalam rangka Sosialisasi Program Pertashop yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan dan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat untuk penyediaan bahan bakar minyak serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dengan adanya Pertashop, menurut Wabup akan banyak memberikan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat dan juga pemerintahan desa. “Penjualan BBM menjadi dekat, Bumdes menjadi untung, bisa menghidupi banyak orang didalam kepengurusan Bumdes dan juga pemerintahan desanya untung,” kata Wabup.