DPRD Cilacap Sepakati APBD Perubahan Tahun 2020

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap bersama jajaran Pemerintah Kabupaten atau Pemkab akhirnya menyepakati rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Perubahan APBD tahun 2020 untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah.

Persetujuan bersama eksekutif dan legislative tersebut tertuang dalam rapat paripurna yang digelar diruang sidang paripurna DPRD Cilacap, Senin (14/09/2020).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Cilacap – Taufik Nurhidayat dan dihadiri seluruh unsur pimpinan dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, anggota DPRD dan seluruh jajaran OPD.


Ketua DPRD Cilacap – Taufik Nurhidayat mengatakan, setelah dilakukan pembahasan raperda Perubahan APBD 2020 oleh badan anggaran bersama tim TAPD kabupaten Cilacap yang sebelumnya juga dilakukan pembahasan oleh komisi bersama dengan mitra kerja.

Menurutnya, proses pembahasan berlangsung sangat dinamis hal ini menunjukan betapa semangat tim untuk menghasilkan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Cilacap.

“Pada hari ini kami dari Dewan DPRD Cilacap bersama Pak Bupati pada intinya sudah menyepakati apa yang selama ini ada dalam perencanaan yang tentunya sudah dengan segala pertimbangan,” kata Taufik.

Dalam pembahasan tersebut dikatakan telah disepakati bersama bahwa Pendapatan Daerah sebesar 3,14 trilyun rupiah atau turun sebesar 218.37 milyar rupiah apabila dibandingkan dengan target pendapatan daerah pada APBD Definitif Tahun Anggaran 2020 sebesar 3,36 trilyun rupiah.

Kemudian Belanja Daerah sebesar 3,39 trilyun rupiah atau turun sebesar 155,55 milyar rupiah jika dibandingkan dengan rencana belanja daerah pada APBD Definitif Tahun Anggaran 2020 sebesar 3,55 trilyun rupiah.

Selanjutnya untuk Penerimaan Pembiayaan Daerah sebesar 280,86 milyar rupiah atau naik sebesar 63,43 milyar rupiah, jika dibandingkan dengan rencana Penerimaan Pembiayaan Daerah pada APBD Definitif Tahun Anggaran 2020. Yakni sebesar 217,43 milyar rupiah.

Sedangkan Pengeluaran Daerah sebesar 25,7 milyar rupiah atau naik sebesar 113 juta rupiah apabila dibandingkan dengan rencana Pengeluaran Permbiayaan Daerah pada APBD Definitif Tahun Anggaran 2020 sebesar 25,58 milyar rupiah.

Sementara itu dalam penyampaian akhir, Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Pimpinan dan Anggota Dewan, khususnya Badan Anggaran DPRD Kabupaten Cilacap, yang dinilai telah bekerja keras dalam membahas Raperda Kabupaten Cilacap tentang Perubahan APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2020.

Selain itu Bupati juga menyambut baik terhadap saran Dewan agar kegiatan-kegiatan yang dianggarkan pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 dapat terserap dan diselesaikan tepat waktu dengan tetap memperhatikan kualitas atas hasil pelaksanaan pekerjaan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut telah kami tindaklanjuti dengan menginstruksikan jajaran SKPD pengampu kegiatan fisik, untuk lebih meningkatkan pengendalian dan pengawasan kegiatan melalui optimalisasi tenaga pengawas dan pemeriksa hasil pekerjaan,” tegas Bupati.

Selain hal tersebut., Bupati menegaskan, akan terus berupaya meningkatkan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di lapangan dengan mengoptimalkan fungsi Inspektorat Kabupaten Cilacap selaku pengawas internal agar pelaksanaan kegiatan menjadi lebih baik.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *