Dua Kampung KB Cilacap Raih Juara

Dua Kampung KB di Cilacap baik dalam kategori perkotaan maupun pedesaan berhasil meraih juara pada tingkat Nasional dan Provinsi. Adalah kampung KB Gadis di Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan. Kampung KB ini dinobatkan menjadi Center of Excellence atau COE  lantaran memiliki keunggulan dari inovasi sosial dibandingkan kampung KB lainnya.

Kepala Dinas KB PPPA Cilacap – Murniyah mengatakan, selain dari inovasi sosial, Kampung KB Gadis memiliki data kegiatan yang didukung oleh basis website. Bahkan pengiriman administrasi yang tersusun rapi dengan berbasis website tersebut menjadikan Cilacap merupakan yang tertinggi di Indonesia.

Gelaran produk UMKM dari Kampung KB Cikuya Berseri

Sementara untuk Kampung KB dalam kategori wilayah pedesaaan, yakni Kampung KB Cikuya Berseri di Dusun Kamulyan Kecamatan Bantarsari. Kampung KB ini berhasil meraih juara satu Provinsi Jateng. Penyerahan piala tersebut berlangsung pada saat peringatan Harganas di Grobogan Jateng beberapa waktu lalu.

Murniyah mengatakan, keberhasilan kampung KB Cikuya Berseri diantaranya karena adanya keunikan yang terbangun di wilayah setempat. Mulai dari taman ramah anak, saung Selfi, pertanian, peternakan, serta keberhasilan UMKM warga dusun setempat. Kendati demikian dalam mengirimkan data up-to-date kampung KB Cikuya Berseri masih terkendala akses Internet. Dalam hal ini Murniyah berharap dinas terkait mampu merespon kebutuhan pembangunan jaringan internet khususnya diwilayah Kampung KB tersebut.

“Ya untuk internet saya sudah sampaikan kepada Diskominfo Cilacap agar segera merespon persoalan yang ada. Karena Kampung KB untuk skala Nasional sangat membutuhkan internet dalam mengirimkan data secara up to date,” jelas Murniyah.

Murniyah berharap, keberhasilan dua kampung KB baik Gadis maupun Cikuya Berseri, dapat dipertahankan dan menjadi percontohan untuk kampung KB lainya di Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *