Dua Sekolah Kebanjiran, Siswa Diliburkan

Guyuran hujan lebat mengakibatkan bencana banjir di Desa Gentasari, tepatnya Dusun Tinggarjati, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Di wilayah ini ada dua sekolah yang terendam, masing-masing SMP Negeri 4 Kroya dan SMA Negeri 2 Kroya.

Genangan banjir tersebut, membuat aktifitas belajar mengajar terpaksa dihentikan dan pada Kamis sekitar jam 9 pagi, siswa di dua sekolah ini dipulangkan lebih gasik karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk kegiatan.

Kepala SMP 4 Kroya – Hudi Widyarko saat dihubungi Bercahaya FM membenarkan penghentian sementara kegiatan belajar mengajar disekolahnya. Sambil mengevakuasi barang-barang di sekolah, pihaknya akan menunggu perkembangan untuk kembali memulai kegiatan siswanya.

Hasil pantauan petugas Badan Penangulangan Bencana Daerah menyebutkan, ketinggian air yang menggenangi dua sekolah tersebut mencapai setengah meter. Bahkan hingga siang tadi, genangan banjir belum surut. Tidak hanya di halaman, tetapi ruang kelas pun ikut terendam banjir. Setidaknya ada 16 ruangan belajar mengajar yang terendam dengan ketinggian betis orang dewasa.

Siang tadi, Camat Kroya – Muhammad Najib mendatangi lokasi banjir di kedua sekolah tersebut. Menurut dia, banjir Dusun Tinggarjati yang menyebabkan dua sekolah tergenang diakibatkan meluapnya Sungai Siwaja di Desa Gentasari. Sementara kedua sekolah tersebut berada disekitar areal persawahan.

Pengamat cuaca pada BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap – Teguh Wardoyo menyampaikan, hujan yang mengguyur Cilacap sejak Rabu kemarin dalam kategori ekstrim, sehingga menyebabkan genangan banjir dibeberapa wilayah. Kategori ini mendasari pantauan di 4 pos, yakni Pos Stasiun Meteorologi, Pos Curah hujan Tunggul Wulung, Pos Binangun dan Pos Adipala. (adhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *