Enam Sekolah Maju Tingkat Nasional Sebagai Sekolah Adiwiyata

Sebanyak enam sekolah di Kabupaten Cilacap masuk dalam verifikasi program sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Salah satunya adalah SMP Pius Cilacap yang Kamis siang tadi dinilai oleh Tim verifikasi Nasional.

Salah satu tim penilai – Nurul janah yang juga Dosen dan Peneliti Institut Pertanian Bogor mengatakan, ada empat komponen dalam penilaian yakni kebijakan dan berwawasan lingkungan, kedua pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, serta pengeloalaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Sementara Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap – Hartono mengatakan, tahun 2018 ini kabupaten Cilacap mengajukan delapan sekolah untuk penilaian sekolah Adywiyata. Dari jumlah ini, hanya enam yang dinyatakan lolos untuk penilaian. Empat diantaranya tidak perlu dilakukan verifikasi, sedang dua sekolah harus menjalani verifikasi salah satunya SMP Pius Cilacap.

Sementara Kepala Sekolah SMP Pius Cilacap – C. Budi Setyawan menjelaskan, SMP Pius Cilacap telah meraih Adiwiyata Juara III Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selanjutya berkesempat untuk maju ke Tingkat Nasional. Berbagai aspek yang dinilai dalam verifikasi menuju Adywiyata tingkat Nasional.

“SMP Pius sendiri memiliki penilaian unggulan, seperti pengelolaan tanaman Hidroponik, Pihaknya berharap, SMP Pius bisa berhasil lolos sebagai sekolah Adywiyata Tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah, imbuhnya. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *