Gelaran Sedekah Laut, HNSI Cilacap, Larung 2 Jolen Di Dua Tempat

CILACAP – Sebanyak 8 kelompok nelayan dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap menggelar acara tradisi budaya sedekah laut, tepat pada Jumat Kliwon 27 Agustus 2021.

Pemberangkatan larungan sesaji dan jolen dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy, dari Kantor DPC HNSI Kabupaten Cilacap, sekitar jam 08.30. Dua jolen dari HNSI Cilacap diberangkatkan ke dua tempat, yakni Dermaga 3 PPSC dan Pelabuhan Batre Tambakreja.

“Untuk larungan sesaji dan jolen ke tengah laut, dilaksanakan oleh masing – masing kelompok dan rukun nelayan, seperti di Lengkong, Kemiren, Tegalkatilayu, PPSC, Pandanaran, Sentolokawat, Sidakaya dan Bengawan Donan,” Kata Wakil Ketua I DPC HNSI kabupaten Cilacap, Parjo Hadi Pranoto.

“Untuk jumlah jolen, semua ada 10, 8 dari kelompok nelayan, dan 2 dari kami HNSI,” tambahnya.

Meski hanya dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi acara ritual atau acara inti dalam sedekah laut.

“Sebelumnya, acara sedekah laut diawali dengan melaksanakan nyekar atau ziarah di Karang Bandung Cangkok Wijaya Kusuma di sebelah Selatan Pulau Nusakambangan, pada kamis Wage, 26 Agustus 2021” tutur parjo.

Sementara, untuk rangkaian kegiatan pada hari ini, akan dilaksanakan tasyakuran dan slametan di kantor DPC HNSI Kabupaten Cilacap yang dilanjutkan dengan ruwatan wayang kulit.

Meski masih dalam masa pandemi Covid – 19, namun tidak menyurutkan keinginan masyarakat setempat untuk melihat langsung prosesi pemberangkatan jolen.

Reporter : (Intan/BercahayaFm)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.