Guru Penggerak Angkatan 1 Cilacap Jadi  Tim Penilai Ajang ONIP Matematika 2021

DIY – Peran guru penggerak dalam pendidikan sudah tidak diragukan lagi, hal ini dibuktikan dengan P4TK Matematika yang berhasil menggelar Workshop Inovasi Media Pembelajaran Matematika. Selain itu juga  mengundang para guru penggerak angkatan 1 sebagai tim penilai Olimpiade Nasional Inovasi pembelajaran atau ONIP di Yogyakarta.

Dalam serangkaiannya, Guru penggerak angkatan 1 dibagi menjadi 2 tim angkatan yang mengikuti Workshop Inovasi Media Pembelajaran dan Workshop Penilaian produk favorit Inovasi. Setiap tim guru penggerak ini,  terdiri dari 25 orang yang terpilih dari seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kabupaten Cilacap turut berkesempatan mengirim perwakilannya untuk hadir pada kegiatan ini. Adapun secara teknis untuk menjalani kegiatan ini ditetapkan mulai 15-16 November 2021. Diketahui mereka merupakan Tim angkatan 1 guru penggerak yang terdiri dari 5 orang.

Rinciannya yaitu Rena Kusumaningrum dan Ummi Rahmawati asal SMPN 2 Wanareja,  Mudiyatun Sawiyah dari SMPN 1 Cipari, Setia Giyanti – SDN Sarwadadi 04 Kawunganten, dan Anggraeny Dwi  Retnosari SDN Tritih lor 03 Jeruklegi.

Sedangkan dalam tim angkatan 2, Kabupaten Cilacap juga kembali hadir pada 19-20 November 2021. Mereka terdiri dari 5 orang yaitu Rochayati dari SMP PGRI 1 Cilacap, Annisa Rahmatika – SMPN 1 Kawunganten, Sri Rejeki – SMPN 3 Maos, Yoki Isnandar – SMPN 2 Karangpucung, dan Sangadah Setyowati – SDN Sidanegara 09 Cilacap.

Kepada Bercahaya FM Cilacap – Penanggung jawab kegiatan – Harwasono mengungkapkan, bahwa seluruh rangkaian kegiatan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran atau ONIP ini, dimulai pada bulan Juni 2021 dengan pendaftaran secara terbuka dari seluruh Indonesia yang terdiri dari guru SD, SMP, SMA dan SMK.

“Selanjutnya setelah melalui seleksi, maka terpilihlah 25 finalis dari seluruh Indonesia dan di undang ke Yogyakarta untuk dinilai oleh para juri mulai tanggal 16-20 November 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan – Nurul Hidayah menambahkan, bahwa guru penggerak angkatan 1 yang diundang totalnya sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi 2 angkatan.

Dalam kesempatan ini, dirinya turut berterimakasih atas kerjasama dari semua pihak. Sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Nurul juga mengungkapkan bahwa setiap harinya mulai tanggal 16-20 November 2021 telah dipilih produk pilihan yang akan ditentukan juara 1-5 ONIP 2021.

Dikatakan, setiap finalis 25 besar membuka stand pameran produk inovatifnya di Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kemudian akan dinilai oleh tim penilai dari berbagai komunitas yaitu Tim juri khusus dari para dosen dan widyaiswara P4TK Matematika, Guru Penggerak angkatan 1, KKG SD, MGMP SMP, dan MGMP SMA dan SMK.

“Selain itu ada juga kegiatan lain yaitu Workshop Penyusunan Buku Inovasi Media  Pembelajaran Matematika yang melibatkan para juara tahun sebelumnya,” kata dia.

Adapun Hasil perolehan juara ONIP 2021 sebagai berikut :

Juara 1 Nila Sari latif UPTD SMPN 9 Marusu Kab. Maros Sulawesi Selatan.

Juara 2 Germanto Andalas SMPN 1 Lasolo Kab. Konawe Utara Sulawesi Tenggara

Juara 3 Muhammad Choirul Kamal SMPN 11 Pekalongan Kota Pekalongan

Juara 4 Triani Andriarti SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Kab. Purbalingga

Juara 5 Nanda Putri Amalia SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto Kab. Banyumas.

Dalam kesempatannya, Peraih Juara 1 ONIP tahun 2021 – Nila Sari Latif dari UPTD SMPN 9 Marusu Kab. Maros Sulawesi Selatan mengungkapkan, bahwa dirinya sangat bersyukur dan bangga telah mendapatkan juara 1.

“Selain itu saya senang karena dapat saling berbagi serta memotivasi untuk menciptakan media pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa walaupun di masa Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ pandemi sekarang ini,” ungkapnya.

(GURUH)