HANI 2019, Momentum Milenial Melawan Narkoba

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa melakukan Deklarasi Generasi Milenial Siap Melawan Narkoba, di halaman utama Gedung Politeknik Negeri Cilacap, Rabu (26/06/19).

Hari Anti Narkotika Internasional 2019 atau HANI menjadi momentum generasi milenial  sebagai garda terdepan dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan Narkotika. Sebab peredaran Narkotika di Indonesia saat ini dinilai cukup memperihatinkan bahkan mengancam lintas generasi, baik dari segi umur, pendidikan, strata sosial ekonomi, profesi maupun jabatan.

Demikian disampaikan Kepala BNNK Cilacap – AKBP Triatmo Hamardiono pada puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2019 yang di gelar di Halaman Utama Universitas Politeknik Negeri Cilacap pada Rabu (26/06/19).

Menurutnya, angka privalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia, khususnya dikalangan kaum milenial saat ini mencapai 3,2 persen. Sementara di Kabupaten Cilacap, korban penyalahgunaan barang haram tersebut, bahkan telah menyasar anak dibawah umur seperti kasus yang terungkap dengan korban seorang anak SD dan SMP.

“Berdasarkan data BNNK , jumlah korban yang direhabilitasi disejumlah klinik di Cilacap selama 2 bulan sudah ada 8 orang dengan usia produktif. Yakni diantaranya 2 anak SD dan SMP yang menggunakan berbagai campuran obat dan bahan kimia seperti molto maupun lainnya,” jelas Triatmo.

Sementara Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman menekankan agar Cilacap segera menjadi wilayah bebas dari Narkoba. Baik di lingkungan pendidikan, pemerintahan maupun masyarakat umum. Sebab katanya, narkoba mampu menghancurkan masa depan generasi milenial.

Sedangkan jika peredaran narkoba ini terungkap dengan pelibatan pegawai negeri atau ASN, maka pihakya tidak akan segan memberi tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku/ baik berupa surat peringatan hingga tindakan pemecatan. 

“Sanksi administratif itu ada, dan nantinya bakal dikaji jika benar – benar terbukti ada ASN yang terlibat menyalahgunakan Narkoba akan diproses sesuai aturan yang ada,” tegas Wabup. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *