Hardiknas Momentum Peningkatan Sumberdaya Manusia

Hari ini 2 Mei, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hardiknas. Di Cilacap Peringatan Hardiknas tahun 2019 ini ditandai dengan Upacara di Alun-alun Cilacap. Bupati Tato Suwarto Pamuji yang menjadi pembina upacara menyampaikan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan – Muhajir Effendy.

Katanya Hardiknas ini dijadikan momentum untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Hal tersebut tercermin melalui tema yang diusung dalam peringatan tahun ini, yaitu Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan. Tema yang sekaligus mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara itu terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan untuk membingkai hadirnya SDM yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia berkemajuan.

Lebih lanjut, dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan. Yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter yang dimaksud untuk membentuk insan yang berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap – Budi Santosa mengatakan, tantangan didunia pendidikan saat ini semakin tinggi. Oleh karenanya butuh perhatian dari berbagai pihak untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Termasuk sarpras pendukung pendidikan maupun kesejahteraan sekitar 4 ribu tenaga pendidik wiyata bakti di Cilacap yang sampai saat ini masih belum optimal.

“Tantanganya banyak sekali, kalau tenaga pendidik wiyata bakti di CIlacap hampir 4 ribuan lebih yang harus kita upayakan kedepan,”ujarnya.

Budi menargetkan, pelaksanaan kegiatan pendidikan, salah satunya UNBK di Cilacap mampu berjalan lebih optimal. Indikatornya, tidak ada lagi sekolah yang menumpang di wilayah Kabupaten lain. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *