Harga Komoditas Pangan Merangkak Naik, Cabai Rawit Tembus Rp 43 per Kg

CILACAP – Memasuki musim penghujan, harga cabai rawit merah di pasar tradisional di Kabupaten Cilacap mulai melonjak. Di pasar gede Cilacap sendiri, pada Selasa (30/11/21), harga cabai rawit merah mencapai Rp 43 ribu perkilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Gede Cilacap Satirah mengatakan, kenaikan harga cabai rawit merah terjadi sejak dua hari terakhir, dimana sebelumnya harga cabai rawit merah diharga 35 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 43 ribu perkilogram.

Satirah mengatakan, biasanya ia bisa menjual cabai rawit 10 hingga 15 kilogram perhari, namun saat ini, 5 kilogram saja bisa terjual sampai dua hari.  Ia juga enggan menyetok cabai terlalu banyak, dikarenakan cepat busuk.

“Sekarang cabai udah mahal, gak tahan lama cepet busuk, dijual juga sepi. Kalau seperti ini, saya ya lebih sering ruginya, karena sepi sih, pembeli juga pada ngeluh. Yang biasanya belinya sekilo, sekarang paling belinya seperempat saja, mereka juga pada bilang harga satu ons saja udah mahal” ucap Satirah.

Selain harga cabai rawit merah yang mengalami kenaikan, harga cabai rawit hijau juga naik, yakni dari harga 21 ribu perkilogram, kini menjadi 27 ribu perkilogram.

Sedangkan untuk komoditas sayur mayur seperti terong, kacang panjang, dan gambas juga mengalami kenaikan, yakni antara 3 – 5 ribu perkilogram. (tan/bercahayafm)