Hari Bela Negara, Momentum Bangkitkan Semangat Lawan Covid-19

CILACAP – Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara Tahun 2021, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Cilacap yang diselenggarakan di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Senin (20/12/21).

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Bupati Cilacap, disampaikan bahwa Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021 mengambil tema Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

“Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden juga menjelaskan bahwa krisis akibat pandemi Covid-19 harus dihadapi dengan tepat, baik secara fisik dan non fisik. Seluruh sendi-sendi kehidupan mau tidak mau harus siap menghadapi akibat dari pandemi. Sehingga ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan masyarakat tengah diuji sekaligus diasah.

“Tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah. Situasi seperti ini memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit ini. Semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang dalam perang melawan Covid-19, baik menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonomi negaranya,” ucapnya.

Dalam momentum hari bela negara ini, Presiden juga mengajak untuk meningkatkan semangat dalam membela negara dan membangun bangsa agar menang melawan Covid-19. Indonesia akan kuat apabila semua lapisan masyarakatnya mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa ini lebih maju lagi.

“Sebagai bangsa yang besar, kita juga harus tampil sebagai pemenang. Kita harus optimis. Kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19. Kita harus buktikan ketangguhan kita. Kita harus menangkan masa depan kita, dan kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa dengan semangat bela negara,” tegasnya.

Upacara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, para Asisten Sekda serta Staf Ahli Bupati dan para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap. Peserta upacara terdiri dari perwakilan dari ASN dari seluruh OPD di Kabupaten Cilacap. (*)