Hari Pelanggan Nasional, PLN Cilacap Energize Jutaan Volt Ke Pertamina


PT PLN (Persero) mengadakan bantuan pemeriksaan instalasi listrik hingga melakukan layanan pemasangan grounding perlindungan sistem listrik melalui pentanahan atau grounding gratis untuk 1.774 lembaga pendidikan nonkomersial di Hari Pelanggan Nasional. Tak terkecuali PLN UP 3 Cilacap yang memperingatinya dengan sejumlah layanan gratis dan program sinergitas BUMN. Salah satunya adalah merespon adanya kendala akibat gangguan konsleting listrik yang sempat terjadi di kantor LPPL Radio Bercahaya FM Cilacap, Rabu kemarin.


Manager PLN UP3 Cilacap, Ahmad Mustaqir mengatakan, Hari Pelanggan Nasional merupakan momen tepat bagi PLN untuk terus meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Dengan mendengarkan suara pelanggan, PLN diharapkan dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan terus meningkatkan pelayanannya.


Lebih lanjut, serangkaian Hari Pelanggan Nasional, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cilacap mewujudkan sinergi tersebut dengan melakukan energize atau pemberian tegangan, power PLN ke kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap. Daya yang disuplai sebesar 31.500.000 Volt Ampere, dengan layanan Premium Silver yang dipasok oleh 2 line bay tegangan 150 kV.


“Suplai listrik PLN ke kilang Pertamina tersebut adalah yang pertama dan terbesar di Indonesia sekaligus menjadi bukti nyata Sinergi BUMN, dalam hal ini PLN dan Pertamina,”ungkapnya.


Pada kesempatan energize tersebut, Section Head Project Engineering Pertamina RU IV, Ervan menerangkan, tujuan dari beralihnya suplai listrik kilang Pertamina ke PLN adalah efisiensi biaya bahan bakar operasi, kemudian menghemat biaya pemeliharaan dan operasional pembangkit.
Ia berharap PLN bisa melayani listrik kilang dengan keandalan tinggi dan kualitas sesuai standar.

“Dengan beralih ke listrik PLN, kami bisa menghemat biaya pemeliharaan dan operasional pembangkit,” jelas Ervan.

Untuk diketahui kesuksesan energize ini katanya tidak lepas dari peran semua unit di PLN Grup yaitu PLN Pusat, UID JTY, UP3 Cilacap, UPP JJBT 2, UPT Purwokerto, UP2D JTY, UP2B JT, Pusmanpro dan Pusertif. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *