Harkopnas ke-74 Di Kabupaten Cilacap, Mengusung Tagline Untung Bareng Koperasi

CILACAP – Hari Koperasi Nasional diperingati setiap tanggal 12 Juli. Tahun ini, peringatan Harkopnas memasuki tahun ke-74 yang di peringati secara sederhana di Kabupaten Cilacap melalui Zoom Meeting, Senin (12/7/21) di Kantor DPKUKM Kabupaten Cilacap.

Acara diikuti oleh anggota, pengurus, pengawas, manajer, karyawan Koperasi serta Para Penggerak dan Insan Koperasi di seluruh Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi  Usaha Kecil Menengah Kabupaten Cilacap, Umar Said SE, MM mengatakan, Peringatan Harkopnas kali ini, mengusung tagline “Untung Bareng Koperasi’.

Meski di Kabupaten Cilacap terdapat 402 Koperasi, namun saat ini Koperasi belum sepenuhnya menjadi pilihan utama kelembagaan ekonomi rakyat.  Hal ini dilihat dari rendahnya partisipasi penduduk menjadi anggota koperasi baru sebesar 8,41 persen, masih di bawah rata-rata.

Sementara, Guna mewujudkan rebranding koperasi sebagai entitas bisnis yang modern kontributif dan kompetitif,pihaknya memiliki Empat strategi dalam upaya pengembangan koperasi modern.

“Yang pertama, Pengembangan model bisnis koperasi melalui korporasi pangan, yang kedua Pengembangan sektor storing dengan kemitraan terbuka agar terhubung dalam rantai pasok, ke tiga Pengembangan koperasi multipihak dan Pengembangan ekosistem yang memungkinkan operasi tumbuh besar.” Jelas Umar.

Kasi Kelembagaan Perizinan dan keanggotaan pada Bidang Kelembagaan dan Pengawasan DPKUKM Kabupaten Cilacap, Iqbal Rahman Hakin, mengatakan Peringatan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala DPKUKM, serta banner Harkopnas di seluruh Koperasi di Kabupaten Cilacap.

“Menindaklanjuti surat dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, menghimbau seluruh Koperasi di Kabupaten untuk memasang banner peringatan hari Koperasi” katanya.

(Intan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.