HKBN 2019 BPBD Optimalkan Simulasi Bencal

Gempa dahsyat yang melanda wilayah Kota Palu, Donggala dan Lombok, pada tahun 2018 lalu dan menewaskan ratusan korban jiwa, menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia.

Bencana tersebut berbuah pelajaran berharga bagi masyarakat terutama yang tinggal di zona patahan. Tidak terkecuali masyarakat Kabupaten Cilacap yang tinggal di zona rawan bencana alam, baik gempa bumi dan tsunami. Oleh karenanya, penting bagi masyarakat dan lintas sektoral, seperti pegawai kantoran, guru maupun siswa untuk memahami langkah tepat terkait upaya pengurangan risiko bencana alam.

Pada peringatan HKBN atau Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah – BPBD Cilacap menggandeng sejumlah tim relawan kebencanaan mengadakan simulasi penanggulangan bencana alam gempa bumi sebesar 8,8 Skala Richter yang berpotensi menyebabkan terjadinya Tsunami.

Kepala BPBD Cilacap – Trikomara Sidhy mengatakan, simulasi ini dilaksanakan di sekolahan dengan berbagai jenjang pendidikan mulai SD hingga Perguruan Tinggi. Selain itu Rumah Sakit dan puluhan gedung perkantoran dijadikan sasaran edukasi kebencanaan HKBN 2019.

Harapannya baik personel maupun masyarakat di Cilacap memiliki sikap tanggap kebencanaan diberbagai lokasi. Sebab katanya bencana alam Gempa Bumi dan Tsunami tidak dapat diprediksi, baik dari waktu maupun lokasinya.

Lebih lanjut, dari sarpras kebencanaan milik BPBD yang disebar berbagai titik, sejauh ini dinilai kualitasnya masih cukup baik. Indikatornya adalah 26 sirine peringatan dini gempa tsunami dapat dinyalakan secara serentak pada jam 10 pagi tadi.

“Terdapat 28 titik simulasi, termasuk dibeberapa rumah sakit seperti RSUD dan RSI Fatimah, sekolahan, perkantoran, dan Bank Jateng. Seluruh petugas maupun peserta sudah melaksanakan simulasi dengan serius. Sementara dari sirine peringatan dini Tsunami kita ada 26 unit yang tersebar dari pantai Teluk Penyu sampai pantai Jetis dan keadaanya sampai saat ini masih baik dan dapat berbunyi,” jelasnya.

Tri Komara berharap hasil dari simulasi bencana alam pada HKBN 2019 dapat dipelajari dan dikembangkan secara mandiri oleh masyarakat Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *