Hujan Lebat, Puluhan Rumah Di Cilacap Rusak


Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Bahkan diantaranya ada yang rusak parah akibat tertimpa pohon tumbang. Kondisi ini terjadi di Desa Purwasari, Kecamatan Wanareja pada Kamis kemarin.

Setidaknya ada sekitar 22 rumah warga yang mengalami kerusakan, dua diantaranya mengalami rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang. Bencana serupa terjadi di Desa Mulyadadi Kecamatan Cipari dengan jumlah sekitar 39 rumah yang mengalami kerusakan pada bagian atap rumah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Cilacap – Trikomara Sidhy mengatakan, pihaknya langsung bergerak cepat dengan turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi para korban. Disamping mengirimkan bantuan logistik permakanan dan bahan bangunan rumah.

Beruntung katanya, bencana angin kencang yang merobohkan rumah penduduk itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Sedangkan kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu usai kunjungannya ke beberapa Desa terdampak bencana hujan lebat dan angin kencang, Wakil Bupati Syamsul Aulia Rahman mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi saat ini. Ia meminta masyarakat tetap waspada dan bergotong royong untuk pemulihan bagi desa terdampak.

“Kami Pemerintah perihatin terhadap musibah yang dihadapi oleh warga. Dan kami juga datang membawa bantuan kedaruratan untuk warga berupa bahan bangunan ringan,” ungkap Syamsul.

Wabup menambahkan, para camat diwilayah terdampak bencana diharapkan segera membuat permohonan bantuan kepada Bupati Cilacap. Selain itu perangkat desa juga dituntut melakukan pemantauan secara kontinyu pada warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana tersebut, dan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *