HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Jadi Momentum Bangkit dan Tingkatkan Pelayanan

Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji meminta seluruh pihak dapat menyamakan persepsi, bahwa keberadaan Satpol PP, Sat Linmas serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan bukan hanya sebagai penjaga kota yang bertindak pasif. Akan tetapi juga dapat berperan aktif dalam proses pembangunan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati dalam sambutannya pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja Ke-71, Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-59, serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-102 Tingkat Kabupaten Cilacap. Acara digelar menggunakan prokes Covid-19 di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti, Rabu pagi,(10/03/2021).

Lebih lanjut, Satuan Polisi Pamong Praja merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan, dan potensi tesebut akan terus bertambah kuat dengan pemanfaatan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dalam berbagai pelibatan kegiatan. Seperti penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta peran Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam memberikan pelayanan darurat kebakaran dan non-kebakaran.

“Jadi pentingnya peringatan ini adalah salah satu cara untuk mengevaluasi kinerja dari kita semua khususnya dilingkup pemadam kebakaran, Satpol PP maupun Satlinmas. Yang ke Dua adalah penegasan bagaimana kita semua harus tetap melawan Covid19 serta tetap mendukung program bangga bangun desa,” ungkap Bupati.


Bupati Berharap, dengan bertambahnya usia, akan semakin memotivasi jajaran Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas, khususnya dalam meningkatkan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Kabupaten Cilacap – Yuliaman Sutrisno menyatakan, bahwa pihaknya bersama seluruh jajaran pemadam kebakaran (Damkar) maupun Satlinmas akan terus berkolaborasi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai tupoksinya.

“Kami yang jelas selalu berkomitmen untuk mencapai hal yang terbaik. Termasuk mempertahankan gelar juara Kabupaten Kota terbaik dalam hal K3 dan Top Inovasi Pelayanan Publik se indonesia Balakar,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *