Inovasi Masa Pandemi, Disporapar Cilacap Libatkan 201 Pelajar Dalam Lomba Menyanyi

CILACAP – Sebanyak 201 orang anak pelajar tingkat SD/ SMP/ SMA/ SMK atau Sederajat, di wilayah Kabupaten Cilacap dilibatkan dalam ajang lomba menyanyi oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Cilacap. Kegiatan yang berlangsung sejak bulan lalu kini telah mencapai puncaknya. Yakni “Pengumuman dan Penganugrahan Lomba Menyanyi” yang diselenggarakan di Ruang Gadri Kompleks Pemkab Cilacap, Senin pagi, (05/04/21). 

Dari tiap kategori, panitia mengambil juara harapan 1, 2, dan 3 serta juara 1, 2, dan 3. Pengumuman pemenang juga disiarkan langsung melalui Channel Youtube Sangkanparan dan PNV Channel.

Acara tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Drs. Dian Setyabudi, MM mewakili Bupati Cilacap, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Drs. Heroe Harjanto, MM, serta sejumlah pejabat dan tamu undangan, dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Dalam laporannya Kepala Disporapar Cilacap – Drs. Heroe Harjanto, MM, menjelaskan, bahwa masa pandemi saat ini tidak menjadikan halangan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Kabupaten Cilacap. Adapun langkah yang ditempuh dengan menggunakan platform digital atau Virtual.

Even tersebut, kata dia diselenggarakan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Cilacap ke -156. Selain itu pagelaran lomba ini diklaim sebagai bentuk inovasi kerja dari Pemkab Cilacap melalui Disporapar yang hadir guna menggali potensi sumber daya manusia di Cilacap sebagai pendukung sektor pariwisata.

Digambarkan sejak 21 Maret lalu, ratusan peserta sebelumnya telah menjalani proses penilaian atau seleksi melalui video peserta yang dikirimkan ke akun resmi Disporapar.

“Aspek penilaiannya mencakup inovasi harmonisasi, interpretasi lagu, orisinilitas video, dan kesan artistik secara umum,” imbuhnya.

Heru berharap, adanya kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mengembangkan potensi anak milenia Cilacap. Bahkan dia menyebut tidak menutup kemungkinan acara ini juga bakal berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Ajang ini mendapatkan apresiasi tersendiri oleh Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji yang dalam kesempatannya diwakili oleh Asisten Kesra – Drs. Dian Setyabudi, MM.

Pihaknya mengatakan, bahwa lomba tersebut dapat menjadi ruang sekaligus sarana yang bagus untuk  anak milenia di Cilacap khususnya dalam mengasah potensi atau bakatnya. Terlebih dimasa pandemi, diperlukan kepedulian tersendiri pada anak – anak agar tetap mendapatkan edukasi maupun pengajaran yang baik dari berbagai hal maupun cara, termasuk lomba tersebut.

“Ini sangat bagus lantaran menjadi salah satu bukti bahwa anak – anak di Cilacap masih memiliki keinginan untuk berprestasi dimasa pandemi. Terlebih kegiatan seperti ini juga menurutnya dapat disinergikan menjadi salah satu aspek penting untuk mendukung program Pemkab Cilacap lainnya. Salah satunya mendukung pendataan terkait program Cilacap sebagai Kabupaten Layak Anak,” kata Dian.

Dian berharap kegiatan ini dapat terus diadakan secara berkelanjutan oleh Disporapar Cilacap dengan menggandeng berbagai pihak guna mendukung optimalisasi kinerjanya.

Untuk diketahui, adapun daftar pemenang lomba menyanyi tahun 2021 sebagai berikut :

Dalam karegori SD

Juara I dengan jumlah nilai  1050, berhasil diraih KEIZA MAULAN asal SD KUBANGKANGKUNG 03 Cilacap, Juara II dengan jumlah nilai 983 diraih oleh KHUMAIRA ZAHRA AQILA asal  SDN 04 MERTASINGA, dan Juara III Jumlah Nilai 966 diraih KHAIRA MOSAYU AIKO dari SDN SIDAKARYA 01 CILACAP.

Sementara untuk Kategori SMP,  Juara I dengan jumlah nilai 1076  diraih oleh ESTI WULAN PRATIWI asal SMP N 1 Cilacap,  kemudian Juara II dengan jumlah nilai 1048 oleh TALITHA YOVI DHIYAULHAQ  dari SMPI AL – Azhar 15 Cilacap, dan Juara III dengan perolehan nilai 986 diraih DELISTA OLIFIA SEPTIANA SUCI asal SMP YOS SUDARSO JERUKLEGI.

Selanjutnya dari kategori SMA/SMK/Sederajat diantaranya, Juara I dengan torehan jumlah nilai 1072 diraih DELLA RISTA SETIAWAN PUTRI asal SMK N 1 Cilacap,   dan Juara II dengan nilai 993,diraih RODYA ADJIE PUTRA MANDALA asal SMK N 1 Cilacap, serta Juara III dengan nilai 976 oleh DINI AULIA asal MAN 2 CILACAP.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *