Inspektorat bantah Saber Pungli Berjalan Tidak Efektif

CILACAP – Pihak Inspektorat Provinsi membantah jika kinerja saber pungli diwilayahnya kurang maksimal. Bantahan ini disampaikan menyusul pernyataan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Amzulian Rifai beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa dalam hal efektivitas, dari aspek penanganan perkara, hasil penanganan, pembiayaan dan kerugian negara yang berhasil diselamatkan cenderung menunjukan hasil yang tidak efektif.

Pasalnya, terlalu banyak hambatan yang dikeluhkan oleh UPP atau Unit Pemberantasan Pungli, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota. Permasalahan yang dihadapi yaitu anggaran dan koordinasi.

Menurut Amzulian, dukungan anggaran dari pemerintah daerah untuk kegiatan ini sangat terbatas dan tidak seragam. Bahkan masih ada UPP di daerah yang belum menganggarkan kegiatan saber pungli sehingga kegiatan UPP belum berjalan sesuai harapan.

Menanggapi hal tersebut Kasubag Administrasi Umum Inspektorat Provinsi Jateng Budi Martono menyampaikan, pasca Idul Fitri lalu laporan masuk terkait saber pungli sudah banyak yang diterima pihaknya. “Ini menjadi salah satu bentuk nyata berjalannya sinergitas yang baik di inspektorat dalam hal ini adalah tim saber pungli” katanya kepada wartawan usai menghadiri sosialisasi Pengendalian Gratifikasi dan Saber pungli di lingkungan RSUD Cilacap. Acara berlangsung di Hotel Dafam Selasa (24/7) pagi.

Menurut dia, pihak Ombudsman dinilai hanya lebih memahami dari sisi pelayanan saja sedangkan inspektorat lebih mengerti persoalan tentang gratifikasi. “Dalam memberantas aksi pungutan liar diperlukan sinergitas lintas sektoral. Karena gratifikasi merupakan akar dari terjadinya tindak pidana korupsi” ungkapnya.

Sementara terkait dengan kegiatan, Direktur RSUD Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi mengatakan, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut atas pencanangan RSUD Cilacap sebagai salah satu unit kerja berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi , Wilayah Bebas Birokrasi Melayani (WBK WBBM) di lingkungan Pemkab Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *