Jaga Kondusifitas, 1200 personil Polres Cilacap Amankan 200 Gereja

CILACAP – Polres Cilacap mengerahkan sebanyak 1200 personel guna menjaga keamanan serta kondusifitas wilayah khususnya dalam momen perayaan Paskah Wafat Isa Almasih Tahun 2021. Ribuan personel tersebut merupakan tim gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, PAM internal dan juga Organisasi masyarakat (ormas).

Dalam hal ini Polres Cilacap menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Paskah Wafat Isa Almasih 2021, kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehtan Covid-19,  di lapangan Sarja Arya Racana Mapolres Cilacap, Jumat pagi (2/4/2021).

Dalam amanatnya, Kapolres Cilacap – AKBP Leganek Mawardi,S.H.,S.I.K.,M.Si menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengecekan dan kesiapan personel pengamanan, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat guna mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Cilacap, perayaan ibadah Paskah secara universal dilaksanakan oleh umat kristiani dalam memperingati wafat Isa Almasih yang diharapkan dapat terselenggaranya dengan aman, nyaman, dan lancar.

Lebih lanjut, dikatakan beberapa ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu  diantisipasi adalah masih ada ancaman serangan terror seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu telah terjadi peledakan bom, di depan Gereja Katredal Kota Makasar dan upaya penyerangan petugas Polri di Pos Penjagaan Mabes Polri oleh seseorang yang diduga teroris. Selanjutnya peningkatan kegiatan masyarakat terkait libur panjang serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat terkait perayaan Paskah Tahun 2021.

“Dengan peningkatan aktifitas kegiatan masyarakat tentu saja akan menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas , dan pelanggaran protokol kesehatan covid-19. Oleh karena itu, Polri beserta unsur pengamanan lainnya menyelenggarakan kegiatan pengamanan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, serta penegakan hukum secara tegas, professional, dan humanis. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan ibadah Paskah dan libur panjang dengan rasa aman dan nyaman”, tambahnya.

Kapolres berpesan kepada anggota yang melaksanakan kegiatan agar selalu meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi terror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di tempat ibadah, keramaian masa maupun tempat umum lainnya.

Selain itu diharapkan petugas dapat melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi imidasi dari kelompok tertentu maupun ormas, apabila terjadi lakukan tindakan tegas yang professional. Tidak terkecuali untuk terus melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder dengan pemerintah daerah, serta seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman kondusif di wilayah Kabupaten Cilacap.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *