Kadisdikbud Cilacap Dorong Guru Daftar Guru Penggerak

CILACAP – Menjelang penutupan pendaftaran Program Guru Penggerak angkatan 4, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Cilacap – Budi Santosa mendorong para guru untuk mendaftar.  Hal tersebut dikatakannya dalam kegiatan Aksi Nyata Calon Guru Penggerak TK Angkatan 1/ di Aula Korwil Dindikbud Kecamatan Kesugihan Cilacap.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke 71 Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia- Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) tersebut juga dilaksanakan secara serentak di  Kecamatan Cilacap Utara dan Kroya.

Dalam sambutannya, Budi Santosa menilai program Guru Penggerak telah terbukti mampu meningkatkan kompetensi para guru, utamanya dalam hal pembelajaran berbasis IT menghadapi era pandemi dengan pembelajaran dalam jaringan.

Pihaknya juga berharap para Calon Guru penggerak dapat mengemban tugas ini, serta menjadikannya sebagai ilmu baru. Kemudian dapat diserap dan diimbaskan pada yang lain.

“Saya berharap setelah para Calon Guru penggerak mendapat tugas ini, simpan sebagai ilmu baru, kemudian diresapi dan diimbaskan pada yang lain. Untuk rekan-rekan lain yang belum mendaftar, jika ada kesempatan seleksi Guru Penggerak silakan ikut berpartisipasi. Ini program yang bagus dari Kemdikbud” harap Budi.

Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 40 guru dan Kepala Sekolah TK se Kecamatan Kesugihan itu, para peserta mendapatkan materi mengenai filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara, visi dan misi sekolah yang berpihak pada siswa, pembelajaran berdiferensiasi dan juga konsep Merdeka Belajar yang disampaikan oleg Calon Guru penggerak sebagai pemateri.

Koordinator kegiatan Awal Noviana Rahmawati mengakatan, kegiatan ini sebagai wadah sosialisasi kegiatan Guru Penggerak pada masyarakat khususnya guru dan kepala TK se kabupaten Cilacap.

Lebih lanjut, menurutnya kegiatan ini akan berlangsung secara marathon,  dan akan dilanjutkan pada tanggal 27 dan 31 Mei. Yakni untuk diikuti guru TK yang ada di Distrik Sidareja dan Distrik Majenang.

“Saya berharap kuota Guru penggerak Kabupaten Cilacap nantinya juga dapat terpenuhi,” harapnya.

Senada, Ketua IGTKI Kecamatan Adipala – Raniro yang juga hadir dalam kegiatan tersebut juga berharap hal sama. Ia berharap para guru TK dapat memanfaatkan program Guru penggerak untuk dapat meningkatkan kompetensi pembelajarannya.

“Saya pikir menjadi guru TK tidak mudah, karena di sana kunci sebagai dasar pendidikan seorang anak. Maka harus kompeten. Program Guru penggerak ini adalah wadah yang sangat baik mengasah kompetensi gutu TK” ujarnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *