Kalapas Narkotika Resmi Dicopot

Kalapas Narkotika Nusakambangan – Irman Jaya secara resmi telah di copot dari jabatanya. Pencopotan ini terkait dengan kasus video viral aksi kekerasaan terhadap sejumlah narapidana yang hendak di boyong ke Nusakambangan. Kalapas Narkotika Nusakambangan sendiri dinilai sebagai pimpinan rombongan dalam penerimaan pemindahan narapidana asal Bali beberapa waktu lalu. Irman dianggap tidak mampu mengendalikan petugasnya sehingga tetap terjadi tindak kekerasan kepada sejumlah narapidana kasus narkotika.

Selain Kalapas Narkotika, Ditjenpas bersama Kemenkumham Jateng telah melakukan pemeriksaan kepada 13 petugas yang diduga terlibat dalam aksi kekerasan terhadap para narapidana asal Lapas Bali.

Kasubag Publikasi Humas Ditjenpas – Rika Aprianti mengatakan, sampai saat ini kasus kekerasan yang viral tersebut telah ditindaklanjuti oleh Ditjenpas dan Kanwil Jateng dengan memeriksa para tersangka, saksidan pengembangan kasusnya. Sedangkan terkait pencopotan jabatan Kalapas Narkotika Nusakambangan, pihaknya mengakuinya sebagai upaya menjaga harapan masyarakat adanya perlakuan yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan martabat. Kakanwil Jawa Tengah telah menarik sementara waktu kepada kalapas narkotika Nusakambangan pada Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah untuk dilakukan pemeriksaan intensif.

“Masih dalam pengembangan dari Ditjenpas dan dipastikan jabatan Kalapas Narkotika Nusakambangan sudah di copot,” ungkapnya.

Sementara berdasarkan pantauan tim Bercahaya FM di Dermaga Wijayapura, Jumat siang hingga petang kemarin, rombongan Ditjenpas dan Kemenkumham Jateng kembali ke Nusakambangan. Mereka menindaklnjuti kasus ini dengan memeriksa sekitar 40 petugas Lapas Nusakambangan. Mereka adalah yang diduga berada dilokasi kejadian tindak kekerasan saat proses pemindahan narapidana narkotika asal lapas Bali ke Nusakambangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *