Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap Tingkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Inovasi

Kebumen – Guna meningkatkan kualitas pelayanan, Kantor Imigrasi Cilacap terus berupaya membangun  Zona Integritas menuju WBK/WBBM melalui berbagai inovasi program kerjannya. Salah satu Inovasi yang diciptakan yaitu Layanan Inovasi Kancil Ngapak (Kantor Imigrasi Cilacap Ngelayani Neng Kabupatan).

 Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Yan Edo Supomo mengungkapkan, jika kegiatan yang dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu ke 2 (dua) di setiap bulan ini, dipusatkan  di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Kebumen. Dimulai  jam 8 pagi hingga 12 siang, kegiatan dilaksanakan dengan selalu menerapkan protol kesehatan.

Untuk pendaftaran Nomor Antrian, lanjut dia,  dilakukan hanya dengan menghubungi WhatsApp Kantor Imigrasi Cilacap yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya setelah pengumuman KANCIL NGAPAK dikeluarkan.

Ditegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat umum terutama masyarakat Kabupaten Kebumen.

“Dengan adanya layanan ini masyarakat tidak perlu jauh jauh ke Kantor Imigrasi Cilacap tetapi cukup hanya datang ke MPP Kebumen. Selain itu masyarakat dinilai akan lebih menghemat biaya, waktu dan tenaga. Bahkan disisi lainnya, diberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mendapatkan kuota nomor antrian pada aplikasi APAPO di hari-hari biasa,” ungkapnya.

Sementara itu banyak Respon Positif dari Masyarakat Kebumen terhadap Inovasi Layanan ini. Masyarakat sangat terbantu dan dimudahkan dalam pembuatan paspor. Mereka tidak perlu untuk izin meninggalkan pekerjaan karena dihari sabtu dan minggu ini diberi kesempatan untuk membuat paspor.

Ahmad setyo salah satu warga Kebumen mengungkapkan. pelayanan di Kancil Ngapak ini menurutnya sangat praktis dan bagus. Bahkan dimasa PPKM saat ini dianggap mampu menghemat waktu dan tenaga tanpa harus meninggalkan kesibukannya bekerja untuk pergi ke Cilacap.

“Saya berharap pelayanan Kancil NGAPAK ini dapat terus berlangsung dan dipertahankan,” kata dia.

Untuk diketahui, setelah mendata jumlah pemohon paspor di Layanan KANCIL NGAPAK ini, didapatkan jumlah pemohon pada tanggal 09 – 10 Oktober 2021 ada sebanyak 9 orang. Jumlah ini cukup banyak untuk Inovasi Layanan ini, dan dinilai menjadi bukti jika Inovasi ini menjadi Salah satu Inovasi Unggulan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap.

(guruh)