Kapal Kargo Bermuatan Pupuk Terbakar Di Perairan Cilacap

CILACAP – Kapal jenis Kargo Soemantri Brodjonegoro yang bermuatan pupuk mengalami kebakaran di Perairan Cilacap, pada Rabu, (01/12/21) sekitar jam 07.15 wib.

Kepala Kantor SAR Cilacap I Nyoman Sidakarya menuturkan Kapal Kargo terdapat 26 anak buah kapal (ABK). Sejumlah 21 ABK sudah berhasil di evakuasi dalam keadaan selamat dan 5 ABK lainnya masih stanby di kapal untuk melakukan pemantauan pemandaman kapal.

“Informasi awal dari Yasin (Polairut Cilacap) sekitar pukul 09.15 Wib, bahwa ada Kapal Kargo bermuatan pupuk yang mengalami kebakaran sekitar Pukul 07.15 Wib dan setelah mengetahui informasi tersebut kita langsung memberangkatkan satu regu ke lokasi kejadian,” kata Nyoman.

Menurut keterangan dari Basarnas Cilacap, sampai pukul 14.00 api masih menyala dan masih dilakukan proses pemadaman oleh Tim SAR gabungan.

“Sampai saat ini pemadaman masih terus di lakukan oleh Tim SAR Gabungan dengan menggunakan Kapal Tugboat milik Pelindo dan Pertamina sementara kita vokus kepada evakuasi ABK yang sampai sekarang berhasil kita evakuasi dengan keadaan selamat,” jelasnya.

Kebakaran kapal kargo Soemantri Brodjonegoro yang bermuatan pupuk tersebut di duga akibat korsleting listrik. Pemadaman melibatkan unsur dari Basarnas Cilacap, Lanal, Polairud, Pertamina, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Pelindo, Navigasi Cilacap, Kementrian Kelautan Dan Perikanan Pelabuhan serta unsur lainnya. (tan/bercahayafm)