Kapal Pelra Banawa Nusantara 70 Siap Beroprasi

Kapal pelayaran rakyat atau Pelra bernama Banawa Nusantara 70 dinilai siap berorpasi. Menyusul telah diresmikannya kapal tersebut oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman bersama pihak Dinas Perhubungan Cilacap, di dermaga Seleko, Selasa (08/10/19).

Wabup, Syamsul Aulia Rahman mengatakan, kapal Pelra Banawa Nusantara 70 yang telah diterima dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, diharapkan mampu mendukung percepatan ekonomi, akses transportasi dan sarana wisata bahari diberbagai wilayah perairan Kabupaten Cilacap.

Lebih lanjut,  beban biaya perawatan maupun oprasional  kapal Pelra  sementara ini masih terkover oleh Pemkab Cilacap.  Yakni  sekitar 250 juta yang berasal dari dana APBD 2019, untuk operasional perawatan kapal tersebut selama 4 bulan kedepan.  Kemudian ia menggambarkan pada tahun 2020 mendatang, status kapal pelra diharapkan sudah mampu dipihak ketigakan melalui sistem lelang dan aturan maupun prosedur yang berlaku.

Wabup berencana dalam kerjasama dengan pihak ke tiga, didalam MOU nantinya dicantumkan sejumlah poin penting dalam perjanjian kerjasama. Salah satunya terkait pengelolaan Kapal Pelra tersebut yang  tidak  boleh terbengkalai atau mangkrak.

“Kita mau berkomitmen kepada pemerintah pusat untuk menjaga apa yang telah diberikan kepada Pemkab Cilacap,” tegas wabup.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan – Dishub Cilacap, Tulus Wibowo mengatakan,  Kapal Pelra Banawa Nusantara 70 merupakan unit produksi terbaru dan memiliki bobot 35 grosston. Dengan memiliki panjang 13,5 meter dan lebar 4 meter, kapal tersebut sudah siap beroprasi dengan status masa sosialisasi.  Kendati demikian pengoprasian Kapal Pelra tersebut ditegaskan tidak akan mengganggu jalur  atau rute pelayaran rakyat  yang selama ini sudah ada. Yakni mencakup, Cilacap – Kutawaru. Cilacap – Montean ataupun Cilacap –  Karangpucung.

“Pengoprasiannya sekarang dalam tahapan sosialsisasi, jadi siapa yang menggunakan atau menyewa masih kita petakan. Kalau untuk menuju proses pelelangan sejauh ini alhamdulillah sudah ada yang mendaftar,” ungkap Tulus.  

Peresmian Kapal Pelra Banawa Nusantara 70 turut dihadiri sejumlah pejabat, mencakup Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Cilacap, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Cilacap, Kasirengar Lanal Cilacap, Kadisporapar Kab. Cilacap, KSOP Kelas II Cilacap, Disnav Kelas III Cilacap, Kepala UPT Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap, para kepala OPD Kabupaten CIlacap, Camat se Kotip Cilacap dan tamu undangan lainnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *