Kebudayaan Jawa Dinilai Pidah Ke Cilacap

Sebagai upaya melesatarikan nilai pengetahuan dan seni budaya lokal, dalam peringatan Hardiknas 2019, Dinas P dan K Cilacap untuk pertama kalinya menggelar kompetisi Seni Budaya Karawitan Jawa atau Gamelan bagi perangkat kelurahan dan desa pada tingkat Kabupaten Cilacap, di pendopo Wijayakusuma Cakti, Kamis (02/05/19). Dalam pelaksanaanya, lomba tersebut dinilai jauh lebih baik dibandingkan Kabupaten Karanganyar yang dikenal dekat dengan pusat kebudayaan Jawa. Bahkan dikatakan pusat kebudayaan karawitan telah bergeser ke Cilacap. Indikatornya adalah meski disibukan dengan kegiatan pemilu 2019, jumlah peserta lomba karawitan pada tahap awal di Cilacap jauh lebih banyak dibanding Kabupaten Karanganyar, yakni terdapat puluhan peserta dari 7 Kecamatan. Diantaranya Kecamatan Adipala, Binangun, Wanareja, Kesugihan, Kecamatan Cilacap Tengah dan Utara.

Kabid Kebudayaan pada Dinas P dan K Cilacap, Badrudin mengatakan, dengan melibatkan perangkat desa dan kelurahan diharapkan nantinya dapat menjadi teladan masyarakat khususnya dalam pelestarian nilai seni karawitan Jawa di Cilacap.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut ditargetkan bakal menjadi agenda tahunan. Sehingga kesenian Jawa semakin berkembang di Kabupaten Cilacap.

“Untuk penyerahan hadiah lomba karawitan jawa tahun 2019 bakal dilaksanakan pada 4 Mei mendatang di salah satu sekolah di Kecamatan Adipala dalam kegiatan resepsi Hardiknas 2019,” imbuhnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *