Kejar Target Herd Immunity, Ribuan Dosis Vaksin Terus Di Distribusikan

Salah satu siswa menjalani proses Vaksinasi Covid-19 dengan petugas kesehatan.

Demi mencapai Herd Immunity, Pemerintah Kabupaten Cilacap terus lakukan percepatan vaksinasi. Minggu ini sebanyak 252 ribu vaksin didistribusikan ke seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Harapannya, pada akhir tahun 2021, mencapai 80 persen atau masyarakat Cilacap selesai di vaksinasi.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam peninjauan vaksinasi, di Aula SMP Muhammadiyah 1 Cilacap, Senin (11/10/2021).

Vaksinasi ini, lanjut Bupati, diprioritaskan untuk mereka para lansia dan pelajar. Sebab menurutnya saat ini pemberlajran tatap muka sudah dilaksanakan, dan perlu diimbangi dengan adanya vaksinasi guna beradaptasi dengan kebiasaan baru.

“Kenapa lansia karena dari data yang ada golongan lansia banyak menjadi korban, bahkan tidak sedikit yang meninggal akibat Covid-19. Kemudian untuk pelajar karena sekarang ini sudah mulai pembelajaran tatap muka. Dan untuk prioritas selanjutnya adalah masyarakat umum yang juga dimaksudkan kedepan dapat beradaptasi kebiasaan baru,” kata dia.

Sementara itu Kapolres Cilacap Eko Widiantoro mengatakan, vaksinasi yang didistribusikan ini adalah penambahan dosis yang diupayakan Pemerintah untuk mengejar kekebalan kelompok atau Herd Immunity pada masyarakat Kabupaten Cilacap.

“Vaksinasi yang diterima ada 222 ribu dosis jenis Pfizer, dan 30 ribu dosis vaksin AstraZeneca. Vaksin akan diberikan secara merata ke seluruh puskesmas dan klinik yang ada di Kabupaten Cilacap dengan pembagian 400 dosis di puskesmas setiap harinya dan 200 dosis untuk klinik,” kata Kapolres.

Selain SMP Muhammadiyah 1 Cilacap, Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Forkopimda, Forkopimcam dan OPD terkait melakukan peninjauan vaksinasi di Rumah Sakit Aprilia dan Puskesmas Cilacap Selatan II.

Sebanyak 1345 dosis vaksin disuntikkan dalam peninjauan kali ini, 545 dosis untuk siswa kelas 8 dan 9 SMP Muhammadiyah 1 Cilacap, 400 dosis di RSU Aprilia dan 400 dosis di Puskesmas Cilacap Selatan II.

*sumberDiskominfoCilacap