Kembali Melonjak, Satu WNA dan ASN Terkonfirmasi Positif Covid-19

Grafik dari Pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap kembali melonjak. Hal ini diketahui pasca Pemerintah Kabupaten Cilacap menerima hasil laboratorium pasien Covid-19 pada hari Jumat 6 November 2020/ yang menyatakan ada tambahan sebanyak 62 orang positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap – dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, penambahan ratusan pasien tersebut mayoritas didapatkan dari hasil tracing kontak dari pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Dia merinci, puluhan orang yang terkonfirmasi COVID-19 diantaranya, satu orang berasal dari Kecamatan Sidareja, satu orang asal Kecamatan Gandrungmangu, tujuh orang asal Kecamatan Jeruklegi, satu orang asal Kecamatan Maos, dan enam orang asal Kecamatan Kroya.

Selanjutnya 13 orang asal  Cilacap Selatan,  kemudian terkonfirmasi positif lainya ada sebanyak 16 orang beralamat di Cilacap Utara, 16 Orang asal Cilacap Tengah, dan satu orang Warga Negara Asing yang merupakan ABK salah satu kapal milik perusahaan besar.

“Ada satu klaster Perusahaan di Cilacap itu ada 10 orang positif, dan yang lainya kebanyakan kasus positif ditemukan dari rumah tangga. Untuk satu orang WNA kami mendapatkan informasi bahwa dia merupakan anak buah kapal atau ABK dari salah satu kapal milik perusahaan besar,” ungkapnya.

Disinggung mengenai klaster ASN, dr Pramesti menerangkan bahwa, dari update hasil tes laboratorium pada Jumat 06 November 2020, terdapat satu orang Kepala Dinas yang dinyatakan positif Covid-19. Namun demikian pihaknya masih enggan membeberkan perihal Dinas yang dimaksud.

“Ya ada satu kepala dinas di Cilacap yang terkonfirmasi positif Covid-19 per update sekarang , 06 November 2020,” kata dr Pramesti.

Terkait jumlah Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, dr Pramesti menyatakan terdapat tiga belas orang. Yakni satu orang asal Kecamatan Kesugihan, Lima orang asal Cilacap Selatan, Lima orang asal Kecamatan Cilacap Tengah, dan Dua orang asal Cilacap Utara.

Smentara untuk Pasien terkonfirmasi COVID-19 yang meninggal dunia ada penambahan sebanyak 1 orang. Yakni seorang pasien Covid-19 asal Kecamatan Cilacap Selatan.

dr Pramesti menyatakan, dengan adanya update tersebut, saat ini jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Cilacap ada sebanyak 1.219 orang dengan rincian 960 sembuh, 226 orang dalam perawatan dan 33 orang meninggal dunia. Kemudian jumlah kasus suspek saat ini sebanyak 23 orang dan kontak erat sebanyak 609 orang.

“Angka kesembuhan di CIlacap pada minggu terakhir ini cukup tinggi. Yakni mencapai 88,2 persen. Ini mungkin karena banyak yang tidak bergejala . Sehingga jika terkonfirmasi positif , mereka relatif mudah sembuh selama tidak ada penyakit komorbit dan memang faktor imunitas tubuh mereka yang baik,” imbuhnya.

dr Pramesti menghimbau agar masyarakat Cilacap tetap disiplindalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Menjaga jarak, hindari kerumunan, selalu memakai masker, selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *