Kemenpar Gagas Wisata Surfing Di Pantai Widarapayung

Kementerian Pariwisata melirik Kabupaten Cilacap untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata olahraga air berupa selancar. Perhatian ini sebagai imbas positif dari kesuksesan Indonesia menggelar World Surf League – WSL 2018 di enam tempat.

Hasil pemetaan Kemenpar menunjuk Cilacap sebagai salah satu daerah yang berpotensi untuk pengembangan wisata surfing atau selancar. Keberadaan pantai yang dimiliki Cilacap ini menjadi dasarnya, seperti Pantai Teluk Penyu, Kemiren, Selok, Widarapayung dan Sodong. Rencana pengembangan ini terungkap dalam Workshop Pengembangan Wisata Surfing yang berlangsung disalah satu hotel Cilacap pada Rabu kemarin.

Penasehat Kemenpar – Indroyono Soesilo mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan dari berbagai spot potensial tersebut, Pantai Widarapayung menjadi daerah utama yang bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata surfing. Pantai ini dinilai memiliki karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan peselancar. Selain itu, tinggi gelombang Pantai Widarapayung dinyatakan aman dan mampu dijadikan spot kejuaraan Surfing tingkat Nasional.

Indroyono menambahkan, kendati demikian perencanaan pembangunan destinasi wisata baru tersebut perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah dengan dinas terkait, maupun masyarakat dan investor sebagai pendukung pengembangannnya.

“Kami ingin program ini terealisasi secepatnya pada bulan November, agar dapat dimulai di tahun anggaran ini. Sebab jika ditahun depan akan lebih besar lagi. Kalau ini sukses kita akan mendapatkan pengakuan dari Asian Surfing Federation dan imbasnya bakal menjadi even skala nasional maupun dunia yang diagendakan secara tahunan,” jelas Indroyono.

Sementara Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman menyatakan dukungannya untuk rencana pengembangan destinasi wisata Surfing diwilayahnya. Pihaknya segera berkoordinasi dengan TNI AD sebagai pihak yang memiliki wewenang atas lahan di pesisir pantai Selatan Cilacap ini.

“Insya Allah kami siap untuk mendukung program dari Kemenpar, dan untuk pemanfaatanya pantai Widarapayung kedepanya akan kita carikan solusi terbaik dengan pihak terkait. Atau bahkan dengan pihak ketiga yang menjembatani Pemkab dan TNI AD,” tandasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *