Kepedulian Ditengah Masa Pandemi, ACT Cilacap Blusukan Gelar Operasi Pangan Murah di Mernek Maos


CILACAP – Mernek merupakan salah satu desa di Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, dengan luas wilayah sekitar 6 kilometer persegi, dan mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Sehingga membuat daerah itu dikenal sebagai lumbung padi.

Kendati demikian, adanya pandemi Covid-19 di Cilacap sejauh ini ternyata cukup berdampak pada kondisi Desa setempat. Baik dalam keberlangsungan pada sektor pariwisata yang sempat terhenti, maupun munculnya angka pengangguran dan timbulnya persoalan ekonomi pada warga pra sejahtera.

Tak pelak kondisi ini belakangan mengundang keperihatinan dari berbagai pihak. Seperti Yayasan Aksi Cepat Tanggap Cilacap atau ACT yang meresponnya dengan bersinergi bersama Dinas terkait maupun pemerintah desa setempat.

Yakni guna mengaplikasikan program “Operasi Pangan Murah” atau OPM yang dikolaborasikan dengan Launcing UMKM Kawasan Wisata Desa Mernek Maos, Kabupaten Cilacap.

Custommer Relation Officer dari ACT Cilacap – Maya Restya mengungkapkan, bahwa Operasi Pangan Murah diantaranya bertujuan membantu serta memberikan kemudahan bagi warga setempat, khususnya dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari dengan harga yang terjangkau. Bahkan dari sejumlah sembako yang disediakan untuk warga setempat, dibandrol setengah harga pasar.

“Langkah ACT Cilacap melalui program OPM ini diharapkan nantinya dapat dirasakan manfaatnya, khususnya oleh warga masyarakat yang tergolong pra sejahtera di Kabupaten Cilacap,” imbuhnya.

Adapun terkait hal ini, dalam kesempatan yang sama, pihaknya turut menggugah semua pihak untuk ikut terlibat serta saling peduli terhadap kondisi serupa di Cilacap.

Sementara itu salah satu warga Mernek – Kistam mengungkapkan, bahwa program Operasi Pangan Murah dari ACT sangat bermanfaat dan cukup membantu dirinya dan warga lainya.

“Terlebih dimasa pandemi saat ini yang tentunya cukup memberikan dampak positif pada warga sini maupun untuk saya sendiri” pungkasnya.

(Guruh)